Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos jajal Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU) di area Balaikota Semarang. Walikota yang akrab disapa Mbak Ita,  menjajal inovasi terbaru dari  Universitas Dian nuswantoro (Udinus) bersama dengan Rektor, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom.

Kendaraan listrik yang dinamai Becik-KU, merupakan karya dari Dosen dan mahasiswa Udinus. adanya kendaraan tersebut juga menjawab ajakan pemerintah yang berharap dapat beralih dari kendaraan berbasis bahan bakar minyak, menjadi energi terbarukan. Pada acara peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di Balaikota Semarang, Becik-KU pun turut ditampilkan di acara tersebut.

Dekan Fakultas Teknik Udinus, Heru Agus Santoso, Ph.D membeberkan bahwa Becik-KU tidak lama lagi akan mulai beroperasional di Kota Lama. Nantinya becak akan mampu mengitari Kota Lama Semarang tanpa perlu ada supir. Hal itu dapat terealisasi berkat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang.

“Becak ini juga memiliki fitur untuk menjelaskan keadaan sekitar kota lama, seperti ketika melewati Gereja Blenduk, becak akan memberikan informasi kepada penumpang melalui layar. Informasi ini akan berisi seputar sejarah maupun keunikan yang ada di landmark tersebut,” tambahnya.

Salah satu dosen sekaligus tim pengembang Becik-KU, Dr. M Ary Heryanto, S.T., M.Eng., menjelaskan bahwa becak tersebut menggunakan aki sebagai sumber tenaga. Sedangkan di bagian atas terdapat pula solar panel untuk menambahkan tenaga pada aki dan juga sumber pengisian daya.

“Becak ini bekerja secara otonom dan bisa dioperasikan tanpa dikendalikan oleh supir. Untuk itu di bagian bawah becak terdapat kamera yang dapat mendeteksi jalan yang harus dilalui. Dapat membawa maksimal empat penumpang sekaligus,” ujarnya.

WALIKOTA SEMARANG APRESIASI BECIK-KU

Karya inovasi dari Fakultas Teknik (FT) Udinus telah mendapat sambutan yang luar biasa dari Walikota Semarang. Nantinya Becik-KU akan beroperasi di Kawasan Kota Lama Semarang dan menjadi alat transportasi bagi para wisatawan yang berkunjung di tempat itu. Walikota Semarang, Mbak Ita Bersama dengan Rektor Udinus, Prof. Dr.Ir Edi Noerasongko, M.Kom turut menjajal Becik-KU. Becik-KU yang ditenagai oleh listrik tersebut, mengantarkan Mbak Ita dari tempat peresmian SPKLU yang berada di area belakang Balaikota Semarang menuju gedung utama.

Walikota Semarang, , Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos pun turut mengapresiasi inovasi dari Udinus dalam mengembangkan kendaraan listrik. Ia pun berharap Becik-KU mampu menjawab kebutuhan di Kota Lama dan mampu menambah minat masyarakat dalam mengunjungi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang.  

“Kota Lama kami lihat luas ya banyak tempat-tempat yang menarik minat para wisatawan, dengan adanya Becik-KU mampu menjadi moda transportasi disana. Terobosan yang luar biasa dari Udinus,” jelasnya.

Sementara itu, pada wawancaranya, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom. turut bangga atas karya inovasi dari dosen dan mahasiswa Udinus dan kini  telah dicoba secara langsung oleh Walikota Semarang. Penelitian mengenai Becik-KU sebagai upaya Udinus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Penelitian matching fund ini terus kami berikan dukungan agar dapat diluncurkan sesegera mungkin dengan hasil luaran yang paling maksimal. Harapannya Udinus dapat berkontribusi agar terwujudnya Semarang menjadi smart city,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)