Selain praktis, mie instan menjadi salah satu makanan favorit oleh masyarakat karena rasanya yang lezat. Meski begitu makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan dan ada beberapa bahaya mie instan yang perlu diwaspadai.  Terutama bila mie instan dikonsumsi secara berlebihan.

Mie instan tersedia dalam bentuk mie kering dan dilengkapi dengan bumbu beserta minyak sayur di dalamnya. Proses pengolahan yang terbilang mudah, menjadikan mie instan sebagai menu makan pilihan saat lapar di malam hari atau di tengah kesibukan.

Tersedia dalam bentuk mie kering dan dilengkapi dengan bumbu beserta minyak sayur di dalamnya. Proses pengolahan yang terbilang mudah, menjadikan mie instan sebagai menu makan pilihan saat lapar di malam hari atau di tengah kesibukan. Pakar gizi asal Universitas Dian Nuswantoro (Udinus),Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz, M.Gizi menyoroti masyarakat yang rutin memakan mie instan.

Pada pernyataannya, Pakar sekaligus Dosen dari Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat Udinus, Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz, M.Gizi menyebutkan bahwa mie instan sangat berbahaya apabila dikonsumsi terlalu sering. Ia pun menyarankan agar masyarakat cukup mengonsumsi sebanyak satu kali setiap minggunya. Itu pun ketika dalam satu minggu belum mengonsumsi makanan instan jenis lain.

“Bagaimanapun mie dalam kemasan adalah produk makanan yang ultra proses, artinya melewati proses yang banyak. Jadi makanan itu semakin banyak melewati proses maka akan semakin tidak baik untuk tubuh kita. Mie instan tanpa adanya etilen oksida pun sudah berbahaya kalau konsumsinya dalam jangka waktu yang terlalu sering,” jelas Vilda.

Tambah Vilda, kandungan yang  yang berbahaya di  mie instan adalah minyak dan bumbunya. Sebelumnya, pihak berwenang juga menemukan zat etelin oksida pada bumbu varian di salah satu produk mie instan di Indonesia. Oleh karena itu, Vilda menyarankan, jika terpaksa mengonsumsi untuk meracik bumbu secara mandiri.

“Kalau mau makan ya silakan kurangi bumbunya. Jadi kita menggunakan bumbunya seminimal mungkin atau kalau perlu tidak usah pakai bumbunya yang memang memberikan potensi bahaya lebih,” tutupnya

Saat ini, negara  Taiwan dan Malaysia  menarik salah satu produk mie instan asal Indonesia dari peredaran. Hal itu dipicu  karena mengandung zat etelin oksida yang memicu kanker.

BPOM telah mengeluarkan pernyataan bahwa produk mie instan dengan varian sama yang beredar di Indonesia aman untuk dikonsumsi. Namun konsumsi mie instan dalam jumlah yang banyak tentu dapat menimbulkan masalah kesehatan. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)