S-3 Program Doktor Ilmu Komputer (PDIK) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil luluskan satu mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.81. Mahasiswa S-3 PDIK Udinus bernama Dr. T.Sutojo, S.Si., M.Kom., berhasil meraih gelar Doktor berkat disertasinya berjudul ‘Metode Perbaikan Dataset Kecil Dengan Pendekatan Virtual Sample Generation Berbasis Hamiltonian Circuit-interpolation’. 

Mahasiswa yang akrab disapa Sutojo berhasil mempertahankan hasil disertasinya pada sidang terbuka yang digelar di ruang rapat Gedung H lantai 1 Udinus.  Sidang yang dipimpin oleh ketua penguji sekaligus  Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noerasongko, M.Kom., mampu berjalan lancar.. Dengan berhasilnya, Sutojo pada sidang tersebut, menjadi lulusan ketiga bagi S-3 PDIK Udinus di tahun ini.  

Saat ini, S-3 Program Doktor Ilmu Komputer, FIK Udinus  telah memiliki akreditasi ‘Baik Sekali’.  Akreditasi itu didapatkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 11405/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2021. Surat keputusan tersebut, telah diterbitkan oleh BAN PT sejak tanggal 5 Oktober 2021, dan akan berlaku hingga tanggal 5 Oktober 2026.  

Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, Purwanto, S.Si., M.Kom., Ph.D., menjelaskan bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki berbagai keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Mulai dari kualitas pengajar yang mumpuni hingga sarana dan prasarana yang mampu menunjang para mahasiswa untuk kuliah dengan nyaman.   Hal itu terbukti dengan akreditasi yang dimiliki oleh S-3 PDIK Udinus yang telah terakreditasi ‘Baik Sekali’. 

Sidang terbuka yang digelar pada hari ini, menjadi lulusan ketiga dari PDIK Udinus dan terbukti memiliki lulusan yang unggul. Ia juga mengucapkan selamat untuk Dr. T. Sutojo yang berhasil meraih gelar doktor dan mampu mempertahankan disertasinya dihadapan penguji.

“Kami berikan pendampingan dan pengajaran yang luar biasa kepada para mahasiswa S-3 PDIK Udinus. Bahkan para mahasiswa dari S-3 PDIK Udinus mampu mempublikasikan jurnal internasional terindeks Scopus Q1,” jelasnya. 

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom., yang mengikuti sidang terbuka S-3 PDIK Udinus,  turut bangga dan mengucapkan selamat atas capaian dari Sutojo. Rektor Udinus berpesan agar gelar doktor tersebut mampu memberikan manfaat dan kontribusinya bagi Indonesia.  Melalui S-3 PDIK, Udinus berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi. 

“Kami sangat bangga dapat mendampingi mahasiswa S-3 di PDIK Udinus hingga meraih gelarnya. Melalui S-3 PDIK, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi,” tegas Rektor Udinus. 

 

Pertahankan Disertasi

Dr. T. Sutojo, S.Si., M.Kom., berhasil meraih gelar doktornya dan juga menjadi lulusan ketiga di S-3 PDIK Udinus. Bahkan ia juga mampu menyandang predikat cumlaude dengan IPK sempurna yakni 3.81. Dalam sidang itu, ia mampu mempertahankan dan mempublikasikan disertasinya dengan judul ‘Metode Perbaikan Dataset Kecil Dengan Pendekatan Virtual Sample Generation Berbasis Hamiltonian Circuit-interpolation’. Menurut penjelasan Dr. Sutojo dalam risetnya ia mengambil permasalahan dari  kasus kebocoran tangki Pertamina yang beberapa tahun lalu sering terjadi

“Kebocoran tangki Pertamina itu disebabkan oleh korosi di dalam tangki untuk mencegah itu perlu adanya zat anti korosi. Peran disertasi ini mendesain zat itu yang nantinya melapisi dinding dalam tangki,” jelasnya.

Dr. Sutojo mengaku bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki sistem pembelajaran yang luar biasa dan para pengajar pun mampu mengarahkan para mahasiswanya untuk lulus dengan hasil yang memuaskan. 

“Saya  tak ragu saat mendaftar dan menjadi angkatan pertama di S-3 PDIK Udinus, hal itu karena Udinus adalah Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah dan saya melihat akreditasi prodi serta institusi yang sangat baik,” ungkap Dr. Sutojo.

Dalam pengembangan disertasi ‘Metode Perbaikan Dataset Kecil Dengan Pendekatan Virtual Sample Generation Berbasis Hamiltonian Circuit-interpolation’, ia dibimbing oleh promotor yakni Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., Abdul Syukur, Ph.D., dan Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)