PERINDAH HUTAN KOTA KROBOKAN DI SEMARANG BARAT, UDINUS BERIKAN PAVING BLOCK BERBAHAN CAMPURAN LIMBAH PLASTIK

[Sassy_Social_Share]

PERINDAH HUTAN KOTA KROBOKAN DI SEMARANG BARAT, UDINUS BERIKAN PAVING BLOCK BERBAHAN CAMPURAN LIMBAH PLASTIK

[Sassy_Social_Share]

?Perindah taman kota di hutan kota  area Krobokan, Semarang Barat, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan bantuan paving blok. Paving blok yang diberikan tersebut merupakan paving yang memiliki bahan dengan campuran limbah plastik.

Kegiatan itu,  merupakan tindak lanjut dari kerjasama Udinus dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK)  Krobokan, Semarang Barat. Inovasi paving blok tersebut merupakan karya dari Fakultas Teknik (FT) Udinus dan kini Inovasi itu telah diproduksi secara rutin, serta digunakan di beberapa kawasan perumahan di Kota Semarang. Selain mengurangi limbah plastik, Kuat dan tahan banting menjadi salah satu keunggulan dari Paving karya Udinus.

Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto S.Kom M.T mengatakan pemberian paving blok dengan campuran limbah plastik sebagai langkah Udinus dalam membantu memperbaiki hutan kota yang ada di Kota Semarang. Pada tahap pertama, Udinus mengirimkan sejumlah 1100 paving blok berbahan campuran limbah plastik.

“Kami ingin bergotong royong untuk mempercantik hutan kota yang ada di Semarang salah satunya di Krobokan, Semarang Barat. Paving yang kami berikan khusus karena merupakan inovasi dari Udinus yang memanfaatkan limbah plastic rumah tangga dan tentunya memiliki kualitas diatas luar biasa,” jelasnya.

Penyerahan Paving block berbahan campuran limbah plastik secara simbolis diserahkan oleh Dr. Rindra Yusianto S.Kom, M.T kepada Ketua LPMK Wilayah Krobokan, Wardoyo. Selain itu, turut tim Biro Kemahasiswaan Udinus bersama warga turut bergotong royong memasang paving blok di area hutan tersebut.

Pada sesi wawancaranya, Ketua LPMK Wilayah Krobokan, Wardoyo berterimakasih kepada Udinus telah memberikan paving block berbahan campuran limbah plastik. Ia pun bersama tim, akan berupaya mengedukasi masyarakat bahwa limbah plastik dapat dimanfaatkan untuk bahan campuran pembuatan paving.  Menurutnya, inovasi dari Udinus sangat luar biasa dan tentunya berguna bagi masyarakat luas.

“Melihat inovasi ini, Kami akan bantu kumpulkan limbah-limbah plastik rumah tangga di area krobokan  nantinya disetokan di Udinus Kemudian bisa untuk dijadikan campuran dalam pembuatan paving blok. Bantuan dari Udinus sangat berguna bagi kami,” tutup Wardoyo.

Inovasi mengenai Paving block dengan bahan campuran limbah plastik di tahun lalu sempat berhasil masuk dalam 3 inovasi terbaik di Indonesia. Paving Block dengan campuran plastik masuk dalam program Matching Fund Kedaireka, dan karya dari Dosen Program Studi S-1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik  (FT), Dr. Ir. Dian Retno Sawitri MT. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)