Mutu dan kualitas dari setiap Program Studi terus dipacu oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), peningkatan itu nampak pada akreditasi terbaru yang dimiliki oleh Prodi S-1 Akuntansi Udinus. Prodi yang bernaung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus tersebut kini telah memiliki akreditasi Unggul.
 
Akreditasi Unggul yang disematkan di Prodi S-1 Akuntansi Udinus tercantum dalam sertifikat akreditasi dengan nomor 1907/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/V/2023. Pada sertifikat akreditasi tersebut Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyatakan bahwa Prodi S-1 Akuntansi Udinus berhak menyandang status unggul berlaku mulai 23 Mei 2023 sampai dengan 28 Desember 2026.
 
Kaprodi S-1 Akuntansi Udinus, Dr. Anna Sumaryati, S.E., M.Si., mengatakan dengan tercapainya akreditasi Unggul ini tidak lepas dari komitmen seluruh pihak. Beberapa hal yang membedakan jurusan akuntansi di Udinus dengan kampus lainnya, yakni terdapat 16 sks yang memadukan akuntansi dengan sistem digital. 
 
“Akuntansi akan terus dibutuhkan diberbagai intansi seiring dengan berkembangan zaman. Dengan mengikuti perkembagan itu tentunya lulusan juga mampu bersaing langsung di dunia industri,” ujarnya.
 
Lewat capaian ini menggambarkan bahwa Prodi S-1 Akuntansi Udinus telah mencapai standar dan mutu tertinggi. Mutu itu baik dari sisi input, proses maupun output pembelajaran di prodi yang berada di bawah naungan FEB Udinus. Kualitas ini juga membuktikan banyaknya lulusan berkualitas yang lahir dari Prodi Akuntansi.
 
Sementara itu pada prosesnya untuk meraih akreditasi Unggul, Prodi S1 Akuntansi Udinus  harus melengkapi sejumlah berkas yang diminta sebagai persyaratan untuk reakreditasi serta asesmen dilakukan secara offline dengan asesor BAN-PT.
 
“Persiapan akreditasi dilakukan secara maksimal jauh-jauh hari dan tentunya selama  proses pelaksanaan akreditasi telah melibatkan berbagai pihak. Dengan kerja keras, keyakinan seluruh civitas akademika Udinus, akhirnya Prodi S1 Manajemen FEB Udinus mampu mempertahankan akreditasi Unggul,” jelasnya.
 
Sementara itu, Dekan FEB Udinus, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto, Mba., Ph.D., berbangga dengan akreditasi yang diraih oleh Prodi S-1 Akuntansi Udinus. Pihaknya juga terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus, khususnya S-1 Akuntansi. Hingga saat ini tercatat seluruh program sarjana di FEB sudah menorehkan akreditasi Unggul. 
 
“Melalui capaian ini menjadi bukti nyata kepada masyarakat bahwa Prodi yang ada di FEB memiliki mutu terbaik. Hal itu tak lepas dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik di berbagai aspek akademik. Harapannya capaian ini dapat mendorong fakutlas lain di Udinus untuk melahirkan prodi-prodi dengan akreditasi Unggul,” tutup Dekan FEB Udinus. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)