Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HM Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ajak mahasiswa untuk meningkatkan kualitas market dalam dunia digital advertising. Ajakan ini diimplementasikan dengan diselenggarakannya Commcreat 2023 yang berlangsung di auditorium gedung H lantai 7 Udinus, baru-baru ini.

Tahun ini, Commcreat 2023 mengusung tema ‘Shoot Your Creativity for Your Market Quality’. Ricky Bastila, seorang konten kreator yang aktif di platform tiktok hadir sebagai pembicara pada Comcreat 2023. Materi yang dibawakan ialah tentang digital advertising dalam media sosial. Ia menjelaskan bahwa akan lebih baik ketika mengemas promosi produk atau jasa dengan hiburan.

“Konsumen belum tentu membutuhkan produk atau jasa yang kita sampaikan, tapi mereka akan selalu butuh hiburan. Oleh karena itu, kita bisa mengemas promosi itu dengan konten yang menghibur supaya video kita tidak di skip oleh orang lain,” jelasnya.

Ketua pelaksana Commcreat 2023, Genisa Joya Charista menyebutkan bahwa workshop tersebut diikuti oleh 122 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. Baik mahasiswa Udinus, maupun mahasiswa umum lainnya. Pada kegiatan tersebut, juga terdapat penugasan berupa membuat video soft selling ataupun hard selling.

“Peserta boleh memilih salah satunya saja. Tujuan dari penugasan ini sebagai bentuk pengimplementasian materi yang sudah didapat selama kegiatan. Nantinya akan dipilih 3 video terbaik sebagai pemenang dan 1 kategori video dengan like terbanyak,” tambahnya.

Joya mengungkapkan bahwa commcreat merupakan kegiatan tahunan dari HM ILKOM Udinus. Ia menjelaskan terdapat perbedaan antara Commcreat tahun ini dengan tahun sebelumnya pada sistem pelaksanaannya.

“Tahun lalu dilaksanakan secara online. Tahun ini diadakan secara offline dan lebih antusias. Hal ini dilihat dari banyaknya peserta yang aktif selama kegiatan,” ungkapnya.

Sekretaris prodi Ilmu Komunikasi, Mutia Rahmi Pratiwi M.I.Kom berharap dengan diadakannya kegiatan ini banyak ilmu yang bisa diserap dan dipraktikkan secara langsung. “Semoga para peserta nantinya tidak hanya menjadi penikmat konten, tetapi juga bisa menjadi konten kreator yang kreatif, informatif, dan edukatif,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)