Sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO), Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar ‘FIK Student Awards 2023’. Acara penghargaan ini berlangsung pada Senin (22/05/2023) dan bertempat di auditorium Gedung H lantai 7 Udinus Semarang.
 
Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui kolaborasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK Udinus, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FIK Udinus, dan Koordinator Kemahasiswaan FIK Udinus. Terdapat 170 peserta yang terlibat dalam acara tersebut. Peserta terbagi menjadi 9 tim PPK Ormawa, 5 di antaranya sudah lolos tingkat DIKTI dan 7 tim PKM yang telah lolos seleksi administrasi oleh DIKTI.
 
Ketua pelaksana FIK Student Awards 2023, Angga Apriano Hermawan  menjelaskan penggabungan antara tim PKM dan PPK Ormawa menjadi peserta FIK Student Awards 2023 karena secara konsep dan teknis kegiatan secara keseluruhan sama. Perbedaannya hanya terdapat pada tim yang terlibat saja. Untuk PKM, dapat diwakili oleh individu atau mahasiswa biasa. “Sementara itu, untuk PPK Ormawa harus mewakili organisasi mahasiswa dalam pelaksanaan programnya,” jelasnya.
 
Ia juga mengungkapkan bahwa FIK Student Awards merupakan acara final dari rangkaian acara Workshop PKM dan PPK Ormawa. Semua tim yang terlibat harus melakukan presentasi secara langsung sesuai topik yang diambil pada proposal di depan dewan juri. Kemudian, juri akan melakukan penilaian secara langsung dan pengumuman diumumkan hari itu juga. Terdapat beberapa kategori pemenang dalam acara penghargaan tersebut.
 
“Untuk PKM ada juara 1, 2, dan 3, kemudian ada juga nominasi tim pelaksana terbaik, program terbaik, presentasi terbaik, dan jargon terbaik. Sementara itu, untuk PPK Ormawa nominasinya sama. Pembedanya, tidak ada juara berurutan melainkan langsung sebagai ormawa terbaik,” jelas Angga.
 
Dr. Ahmad Zainul Fanani, S.Si, M.Kom selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus dosen juri mengungkapkan bahwa ini adalah tahun pertama FIK menggelar Student Awards. Harapannya, acara awarding ini dapat mendorong mahasiswa supaya terus berprestasi dan menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk Indonesia.
 
“Selain itu semoga Fakultas Ilmu Komputer Udinus dapat meloloskan lebih banyak tim PKM dan PPK Ormawa hingga didanai dan ke tingkat nasional,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. FIK Udinus)