Ikut berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) secara rutin mengikuti kegiatan Program Praktisi Mengajar. Program tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa yang diberikan langsung oleh para praktisi dari berbagai instansi. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi, M.Si., mengatakan Program Praktisi Mengajar dilakukan agar mahasiswa mengetahui implementasi yang ada di dunia industri. Materi itu langsung didapatkan dari para ahli dibidangnya masing-masing. Jelasnya, program tersebut sudah ada sejak tahun 2022 hingga saat ini. 
 
“Total kurang lebih kami sudah ada 31 praktisi yang membagikan pengalamannya di dunia industri kepada mahasiswa Udinus. Kelas yang dapat mengikuti baik online maupun offline, ” ujar Prof. Pri, sapaan akrab nya.
 
Kepala Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (KUI) Udinus, Dr. Ir. Dwi Eko Waluyo, M.M., menjelaskan ada beberapa program studi yang tergabung dalam program tersebut. Dari setiap prodi, masing-masing dosen akan mengajukan ke Kemendikbud Ristek untuk menghadirkan pemateri praktisi. 
 
“Setiap praktisi akan mengisi di beberapa kelas yang telah lolos seleksi dan didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek),” tambanya.
 
Beberapa prodi yang berpartisipasi antara lain dari Prodi S-1 Sistem Informasi dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Prodi S-1 Akuntansi dan Prodi S-1 Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus, Prodi S-1 Pengelolaan Perhotelan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus, serta Prodi S-1 Teknik Industri dari Fakultas Teknik (FT) Udinus. 
 
Salah satu praktisi dari General Manager Perusahaan Forwarding Berskala Internasional, Emilda Handayani Pranoto, S.S., S.E., M.M., memberikan materi kepada kelas praktikum manajemen pemasaran Prodi S-1 Manajemen Udinus. Pada kesempatan itu membahas seputar segmentasi, target dan posisi pasar, strategi produk, strategi harga dan etika bisnis dan pasar internasional. Mahasiswa juga berkesempatan untuk memaparkan materinya di depan praktisi. 
 
“Ketika membawakan presentasi yang mewakili sebuah perusahaan, yang terpenting harus percaya diri dan benar-benar memahami apa yang harus disampaikan. Harapannya juga usai kelas ini mahasiswa dapat memahami teori pemasaran industri forwarding yang berskala internasional,” pesannya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)