GHERIL ALUMNI S1 KESMAS UDINUS RUTIN EDUKASI MASYARAKAT


GHERIL ALUMNI S1 KESMAS UDINUS RUTIN EDUKASI MASYARAKAT

Setiap harinya, Gheril Pranita Renja Pakas berikan penyuluhan serta edukasi kepada masyarakat di bidang kesehatan sebagai tenaga kerja di Puskesmas Ambarawa. Hal tersebut merupakan salah satu prospek kerja yang dimiliki oleh Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

 

Sebagai penyuluh kesehatan, gadis yang akrab disapa Gheril ini, dipercaya untuk menjalankan program Promosi Kesehatan (Promkes) dan Kesehatan Lansia. Dengan melakukan penyuluhan kepada pengunjung puskesmas, diharapkan mampu mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Meski baru saja berkecimpung di prospek tersebut pada awal 2021, kondisi pandemi tidak menyurutkan semangatnya untuk terjun langsung ke lapangan. Ia melakukannya tak sendiri, bersama dengan camat dan polsek terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

“Hal tersebut dilakukan agar dapat mengedukasi masyarakat setempat, saya juga yang bertanggung jawab untuk memegang data tracing swab di puskesmas. Juga membuat media edukasi di Instagram puskesmas,” jelasnya saat diwawancarai.

 

Edukasi yang diberikan oleh alumni lulusan 2017 ini antara lain mengenai protokol kesehatan, vaksinasi serta covid-19. Edukasi ini disajikan dalam bentuk rekaman audio suara yang disiarkan di supermarket, atau ketika berkeliling saat melakukan sosialisasi.

“Sesuatu yang paling membanggakan bagi saya ketika orang lain mengucapkan rasa terima kasihnya dengan apa yang telah kami lakukan. Hal ini menandakan bahwa tenaga kesehatan itu masih sangat dibutuhkan,” ungkap Gadis kelahiran Semarang, 12 Desember 1995 tersebut.

 

Alumni yang pernah aktif sebagai anggota Tobacco Free Community Udinus ini menjadi salah satu mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di Udinus. Ia pun juga mampu lulus tepat waktu dan mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat. Selama melanjutkan pendidikan di Udinus ia merasakan atmosfer dan lingkungan yang mendorongnya untuk terus berprestasi. Selain itu juga Udinus dilengkapi dengan fasilitas laboratorium yang mumpuni, mampu menunjang perkuliahannya.

“Selain itu kelebihan dari prodi ini yakni dapat mempelajari karakter masyarakat, karena apapun pekerjaannya pasti selalu ada hubungan antar sesama manusia dan tidak ada ilmu yang sia-sia selama mau berinovasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)