SELAIN KEMBANGKAN KEMAMPUAN DEBAT, UDINUS DEBATING COMMUNITY RUTIN RAIH PRESTASI


SELAIN KEMBANGKAN KEMAMPUAN DEBAT, UDINUS DEBATING COMMUNITY RUTIN RAIH PRESTASI

Menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan debat dan menambah wawasan yang luas dari berbagai macam perspektif serta dapat mengantongi berbagai prestasi. Merupakan beberapa hal yang akan didapatkan ketika bergabung dengan Udinus Debating Community (UDC) sebagai salah satu komunitas yang ada di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. 

Robiatul Adawiyah selaku ketua UDC periode 2021/2022 yang baru saja menjabat ini selama bergabung dengan UDC sudah mendapatkan berbagai prestasi. Antara lain sebagai quarterfinalist Porsimaptar English Debate 2019 dan semifinalis CJDC 2021. Selama bergabung dengan komunitas tersebut, ia dilatih untuk berpikir kritis dan selalu memecahkan masalah dalam sebuah mosi perdebatan. Dilatih untuk berpikir kritis dan selalu update terhadap perkembangan dunia.

“Saya sangat senang dapat bergabung dengan UDC, kemampuan public speaking saya semakin membaik dan menjadi lebih percaya diri jika harus berbicara di depan umum,” ungkap Robiatul selaku mahasiswi angkatan 2019 tersebut.

UDC ini telah resmi berdiri sejak 2019 ini telah menorehkan beberapa prestasi hingga tingkat nasional pada bidang debat bahasa Inggris maupun Indonesia. UDC saat ini juga tergabung dalam Central Java Debate Community (CJDC) yang berisikan seluruh komunitas debate dari berbagai universitas di Jawa Tengah.

Robiatul yang juga merupakan mahasiswi Program Studi (prodi) S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus ini, selalu menentukan prioritas ketika membagi waktu antara kegiatan komunitas dengan kampus. Dengan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, serta bagaimana mengatur untuk mengerjakan tugas tersebut.

“Selama ini saya selalu membuat to do list’ apa saja yang harus dilakukan sehingga tugas kampus dan kegiatan komunitas bisa saling berjalan tanpa ada yang harus dikorbankan,” jelasnya.

Udinus Debating Community

Pada komunitas yang berisikan kurang lebih 17 mahasiswa aktif saat ini rutin melakukan latihan sekali tiap minggunya. Syella Tania selaku ketua UDC periode 2020/2021 yang baru saja purna tugas ini menjelaskan dalam latihan tersebut terbagi menjadi dua. Yakni latihan secara internal UDC dengan melakukan argumen pada topik yang telah disediakan. Serta latihan dalam bentuk sparing secara rutin bersama dengan kampus lain di Jawa Tengah. Dengan tujuan untuk menciptakan suasana debat yang sesungguhnya

“Di samping itu, pandemi saat ini latihan justru dapat dilaksanakan dengan mudah karena dilakukan secara daring. Kompetisi yang dapat diikuti juga semakin luas tanpa perlu terbebani biaya transportasi maupun penginapan,” jelasnya.

Syarat yang diperlukan untuk dapat bergabung dengan komunitas yang dibina oleh Wikan Isthika SE, M.Ec., Ak, selaku dosen prodi S-1 Akuntansi ini yaitu konsisten dan inisiatif untuk terus berkembang. Karena untuk menjadi debater bukan hal yang mudah dan memerlukan proses serta jam terbang yang cukup.

“Untuk dapat bergabung dengan UDC dapat mengisi formulir rekrutmen secara formal, untuk informasi formulir serta keseruan lain dari kegiatan UDC dalam dilihat melalui akun resmi instagram kami @udinus.dc,” ajak Syella yang juga merupakan Ketua Central Java Debating Community (CJDC) 2021.  (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)