SINTA WULANDARI TERUS KEMBANGKAN SOFTSKILL MELALUI LKTI


SINTA WULANDARI TERUS KEMBANGKAN SOFTSKILL MELALUI LKTI

Mengikuti berbagai ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) menjadi salah satu upaya Sinta Wulandari untuk kembangkan softskill seperti problem solving, analytical thinking hingga critical thinking. Mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) itu hingga saat ini sudah mengantongi beberapa prestasi di bidang LKTI.

Gadis yang akrab disapa Sinta itu mengaku selain mendapatkan pengalaman juga dapat nama kampus hingga kancah nasional. Pasalnya prestasi yang baru saja ia raih yaitu meraih juara 4 pada LKTI Genesis 2021 yang diselenggarakan oleh salah satu Institute di Purwokerto. Setelah bersaing dengan kurang lebih 11 perguruan tinggi di Indonesia. 
 
Dalam ajang tersebut, Mahasiswi kelahiran Semarang, 3 Agustus 2000 itu mampu berikan solusi permasalahan pada UMKM. Karya tersebut ia kerjakan bersama satu rekannya, Kevin Maulana Afriyanto. Dengan judul karya, ‘Rancangan Smart Monitoring Realtime Kualitas Sistem Produksi Zero Waste Industri Tahu Terintegrasi Berkelanjutan Berbasis IoT’. 
 
“Karya ini kami tujukan kepada UMKM di new normal ini agar mampu mendapatkan solusi permasalahan melalui perkembangan teknologi digital revolusi industri 4.0, khususnya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDG),” jelasnya kepada Humas Udinus.
 
Meski sudah mendapatkan berbagai pengalaman di bidang itu, ia mengaku akan selalu ada kendala yang dihadapi. Terutama dalam mencari solusi yang tepat untuk dituangkan dalam karya yang sedang dikerjakan. 
 
Selanjutnya permasalahan umum lain seperti mencari sumber referensi yang tepat untuk mendukung solusi yang ditawarkan. “Kendala tersebut biasa saya atasi dengan menyusun sedetail mungkin dari mulai kerangka permasalahan hingga mencapai solusi dari sumber yang tepat,” pesan mahasiswi angkatan 2018 itu.
 
Mahasiswa yang juga aktif berorganisasi ini tidak malu untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbingnya. Ia merasa nyaman dengan atmosfer lingkungan di kampus Udinus, terutama dukungan yang diberikan oleh rekan mahasiswa hingga para dosen. 
 
Selain itu, menurutnya lingkungan positif di kampus menjadi salah satu faktor untuk tingkatkan prestasi mahasiswa. “Harapannya semoga prestasi ini bisa menjadi bukti nyata agar mahasiswa lain tidak takut atau ragu mengikuti lomba, untuk terus mendambangkan pengalaman selagi masih di bangku mahasiswa,” pesannya kepada seluruh mahasiswa. (Humas Udinus/ Haris. Foto: Dok. Pribadi).


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)