BERKULIAH DI UDINUS, YUKA DAPATKAN ILMU SOFTSKILL DAN HARDSKILL


BERKULIAH DI UDINUS, YUKA DAPATKAN ILMU SOFTSKILL DAN HARDSKILL

Dwinta Yuka Sulisya, mahasiswi yang kini menempuh pendidikan di Program Studi (Prodi) S-1 Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang aktif dalam berorganisasi dan menjadi bekal untuk masa depannya. Ia yang kini tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Udinus, mampu mendapatkan berbagai hal baru di dunia organisasi di kampus. Teman baru, mampu bertukar pendapat, dan melakukan hal yang bermanfaat menjadi salah satu keuntungan yang ia dapatkan dalam dunia organisasi. 
 
Gadis yang akrab disapa Yuka, beranggapan bahwa aktif berorganisasi di kampus menjadi suatu hal yang penting bagi para mahasiswa. Berbagai kegiatan-kegiatan keorganisasian yang ia dan tim lakukan, mampu melatih dirinya untuk pandai bekerja secara tim dan mampu menyatukan pendapat antar anggota. Selain itu mampu membangun sebuah karya yang bermanfaat dekan rekan satu organisasi. 
 
“Bagi saya, aktif di lingkungan organisasi akan membawa pengaruh positif dan menjadikan saya pribadi yang lebih baik serta dapat berkembang untuk nantinya terjun langsung ke dunia kerja,” imbuhnya.
 
Selama bergabung dengan HMTI Udinus, gadis yang hobi membaca itu menceritakan kegiatan-kegiatan yang mampu berguna bagi masyarakat luas. Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dikerjakan oleh 13 anggota HMTI, merupakan peran mahasiswa dalam membantu petani di Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. 
 
“Menurut saya pengalaman paling berkesan bisa langsung turun ke lapangan untuk observasi bersama tim, dapat berkenalan dengan para petani di desa dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. PHP2D itu menjadi kegiatan berkesan bagi saya,” ungkapnya
 
Selama menjalankan PHP2D, mahasiswa angkatan 2018 itu tergabung dalam divisi Marketing dan Humas. Ia juga menjelaskan beberapa tugas yang dijalankan seperti menjadi perantara antara perangkat desa dan mitra kerja serta melakukan publikasi di media sosial. 
 
“Pada divisi ini kami mensosialisasikan cara pemasaran digital marketing kepada para petani, menggunakan aplikasi dari tim HMTI yaitu SiAdit yang akan dikelola oleh pemuda lokal,” jelas gadis kelahiran Semarang, 16 Oktober 1999 itu.
 
Meski aktif berorganisasi dan memiliki berbagai kegiatan, mahasiswi yang masuk dalam divisi Departemen Kajian Strategi dalam organisasi HMTI tak lupa untuk tujuan utamanya yakni kuliah. Mendahulukan berbagai tugas perkuliahan yang kemudian dilanjutkan tugas organisasi, menjadi strategi ia terapkan agar mampu meraih hasil yang memuaskan di setiap perkuliahannya.   
 
“Lingkungan belajar di Udinus juga sangat baik, sehingga aktif di organisasi dan mengikuti perkuliahan bukan menjadi hal yang sulit. Justru saya bisa mendapatkan hardskill dan softskill yang sama rata,” tutup gadis peraih juara 3 pada ajang Software & Hardware Fair Hi-Technology 2021 tersebut. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)