BERKAT KEMAMPUAN SENI NYA, YOGA BERHASIL TAMPIL DI MUSIK VIDEO RICH BRIAN


BERKAT KEMAMPUAN SENI NYA, YOGA BERHASIL TAMPIL DI MUSIK VIDEO RICH BRIAN

Seniman Yoga Firmansyah Sulistyo berhasil buktikan kemampuannya dan muncul dalam musik video lagu terbaru Rich Brian, LAGOON. Alumni Program Studi (Prodi) S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang merasa bangga atas capaiannya itu.
 
Yoga sapaan akrabnya, mendapatkan kesempatan untuk tampil di Youtube channel 88Rising usai terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi Axe. Dalam ajang yang berlangsung di bulan Maret 2022 lalu itu ia berkesempatan untuk menampilkan kemampuannya di dunia seni. 
 
“Kebetulan memang tertarik dan mencoba ikut mengirimkan video saya ketika menggambar, dan lolos terus sampai akhirnya terpilih. Menjadi pengalaman tak terlupakan bisa tampil dengan salah satu idola saya,” ungkap pria yang memang hobi menggambar itu.
 
Ketertarikan dengan dunia seni sudah dimiliki oleh pria kelahiran Semarang, 22 Mei 1997
itu sejak kecil. Kemudian hal itu menjadi motivasinya untuk melanjutkan pendidikan di Prodi DKV Udinus. 
 
Saat ini Yoga mampu manfaatkan bakatnya untuk terjun ke dunia profesional. Dengan latar belakang seni mural, karya ditorehkannya pada tembok jalanan, kanvas, kertas hingga digital. 
 
“Seni murah pasti ada ciri khas masing-masing, kalau saya ambil referensi dari gambar suku maya aztec dari Amerika Tengah. Alasannya karena memiliki karakteristik etnik yang unik, dengan perpaduan warna hitam, putih, merah, dan kuning,” imbuh Yoga.
 
Menurutnya, di dunia seni mural memang harus punya ciri khas tersendiri. Sehingga sudah tau nama senimannya hanya dengan melihat seni yang ditorehkan. 
 
Alumni yang lulus di tahun 2019 itu mengaku masih banyak ilmu dari Prodi DKV Udinus yang hingga saat ini diterapkan di dunia industri. Seperti manajemen waktu ketika mengerjakan sebuah proyek, khususnya dari pesanan konsumen. 
 
Tidak hanya itu, banyak ilmu dasar yang didapatkan Yoga selama duduk di bangku perkuliahan. Pasalnya ilmu dasar sangat penting untuk selanjutnya diasah secara otodidak. Adanya materi seputar sejarah DKV juga menjadi pondasi baginya untuk membentuk ciri khas saat ini.
 
“Lewat sejarah DKV bisa tahu desain dari zaman ke zaman dan menambah referensi seni. Menurut saya kunci menjadi seniman harus suka dulu dengan passion nya. Setelah itu untung dan modal akan mengalir ketika kita tekun dan bekerja keras,” pesan pemilik akun Instagram @yogahya itu. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)