TEKUNI SEJAK DUDUK DIBANGKU SMA, UMI SA’DIYAH MAMPU HASILKAN BERBAGAI ARTIKEL ILMIAH


TEKUNI SEJAK DUDUK DIBANGKU SMA, UMI SA’DIYAH MAMPU HASILKAN BERBAGAI ARTIKEL ILMIAH

Kerja keras tentunya tak akan menghianati hasil, hal itu yang dilakukan oleh mahasiswi dari Program Studi (Prodi) D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Umi Sa’diyah.

Perjuangan tak kenal lelah ia tunjukkan dengan terus mengikuti berbagai ajang di kategori artikel ilmiah. Saat ini, ia telah mengikuti sekitar enam ajang dan empat sisanya ia belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Pada dua ajang  yang terakhir ia ikuti, dapat berhasil meraih juara satu dan tiga di kategori yang sama.

Mahasiswi yang memiliki hobi dalam menulis, telah menekuni dunia penulisan artikel sejak duduk dibangku sekolah menengah atas (SMA). berbagai artikel di bidang kesehatan telah ia hasilkan salah satunya yang membahas mengenai aplikasi klaim reimbursement dengan berbasis android. Berbagai  upaya juga ia lakukan demi meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiahnya. Salah satunya dengan  ia pun bergabung dengan satu ormawa yang bergelut di hal tersebut.

“Saat saya masuk di Udinus, saya tentunya mencari organisasi yang mampu menunjang kemampuan saya di penulisan artikel ilmiah. Saya kemudian bergabung dengan  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Udinus, di sana saya banyak mendapatkan ilmu tentang hal itu,” jelas Umi sapaan akrabnya saat menceritakan mengenai kegemarannya dalam penulisan artikel ilmiah.

Ungkap Sa’diyah, dalam meningkatkan kemampuan dalam penulisan artikel ilmiah, ia pun rutin mencari jurnal nasional maupun internasional.  Menurutnya, hal itu penting dilakukan, karena dapat menambah pengetahuan tentang ilmu baru yang ada di dunia penelitian. Mahasiswi kelahiran Jepara, 27 Januari 2001 berpesan saat menjadi masih duduk dibangku perkuliahan, perlu mencari pengalaman dan terus meningkatkan kemampuan diri.

“Kalau dalam mencari ide artikel ilmiah, biasanya saya menggabungkan beberapa jurnal ilmiah yang saling berkaitan.  tentunya saya tema yang saya ambil, juga dikaitkan dengan tema-tema di beberapa lomba yang saya ikuti. Pesan saya sebagai mahasiswa harus rajin meningkatkan skill sebelum nantinya terjun di dunia kerja,” jelas dara kelahiran Jepara, 27 Januari 2001. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved