DARI USAHA JUAL GELANG SEJAK SD, MAHASISWI UDINUS MILIKI OMZET JUTAAN


DARI USAHA JUAL GELANG SEJAK SD, MAHASISWI UDINUS MILIKI OMZET JUTAAN

Delinta Talia Kusuma Wardani, pengusaha  muda asal Semarang ini kini sudah memiliki empat usaha di bidang kuliner dan fashion. Dari memulai karir berjualan dengan menjadi reseller hingga kini memiliki produk sendiri. Wanita yang akrab disapa Delinta ini bahkan juga beberapa kali menjadi  pembicara dalam seminar.

 

Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) S-1 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang sudah mulai terlihat jiwa berdagangnya sejak usia 12 tahun. Bermula saat ‘nongkrong’ bersama teman sebayanya, ia menggunakan gelang Paris yang hits pada zamannya. Teman-temannya mulai tertarik dan meminta untuk dibelikan gelang serupa. Dari situlah ia mulai berpikir untuk berjualan gelang. Tak tanggung-tanggung sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD), ia dapat menjual tiga karung gelang karena dagangannya selalu laris.

 

Menginjak bangku SMP, ia mulai merambah berjualan baju dan fashion wanita. Dari menjadi reseller kemudian ia membuat nama online shop-nya sendiri. Nama toko onlinenya ‘Detakuwa’ yang merupakan akronim dari nama lengkapnya. Selain menjadi reseller, ia juga memiliki produk kuliner sendiri yang ia beri nama ‘Detakuwa Kitchen’ berupa masakan Indonesia, ‘Eskali.id’ yaitu minuman  es buah yang dijual seharga lima ribuan, dan kini merambah berjualan kuliner Jepang dengan nama ‘Oushi.smg’.

 

Produk Osushi ini terbilang cukup baru, ia baru memulai berjualan ketika pandemi. Namun tak disangka, meski pandemi dagangannya selalu terlihat laris.

“Aku juga sempet takut launching produk baru waktu pandemi, tapi syukur Alhamdulillah daganganku selalu laris,” ucapnya sambil tersenyum.

 

Delinta berujar jika inovasi adalah kunci keberhasilannya dalam berwirausaha. Ia mencontohkan seperti  dirinya menjual sushi seharga 10 ribu, kini ia berinovasi dengan Osushi Gift Box, yaitu sushi yang dijual versi box besar dengan harga 45 ribuan.

 

Pengusaha yang kini sudah memiliki 9 karyawan ini juga memanjakan konsumen dengan menyediakan jasa kurir untuk mengantar barang dan makanan higga ke tampat tujuan. Berkat upayanya yang selalu ingin memanjakan konsumen inilah yang membuat produknya selalu laris dengan omset di atas sembilan juta.

 

Selain sibuk berdagang, ia juga sangat mengutamakan pendidikan. Delinta bahkan sudah sejak SMA tertarik masuk di Ilmu Komunikasi Udinus. Menurutnya, Ilkom Udinus ini sangat berbeda dengan Ilkom lain karena berfokus pada digital.

“Ada banyak sekali ilmu yang bisa aku implementasikan, seperti Komunikasi Pemasaran, Branding and Advertising, Fotografi Bisnis dan mata kuliah lainnya yang termasuk dalam peminatan Komunikasi Bisnis,” jelasnya.

 

Ia juga berharap setelah lulus kuliah ingin segera membuka toko sendiri karena sekarang sedang fokus di pendidikan. “Udah ada recana untuk buka toko, tapi aku nggak bisa kalau bukan aku sendiri yang nge-handle dan ngawasin. Doain aja supaya kuliahku cepat selesai," ujarnya. (Humas/Almira. Foto: Dok Pribadi)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)