ALUMNI D3 RMIK UDINUS JABAT KEPALA REKAM MEDIS RS TELOGOREJO SEMARANG


ALUMNI D3 RMIK UDINUS JABAT KEPALA REKAM MEDIS RS TELOGOREJO  SEMARANG

Memiliki pekerjaan yang mapan adalah dambaan setiap orang. Namun, hal tersebut tidak bisa didapat dengan cara instan, butuh pengalaman bekerja selama bertahun-tahun sebelum akhirnya memiliki pekerjaan yang mapan.

 

Seperti Suyoko, alumnus dari D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada 2009 silam. Pekerjaannya kini sebagai Kepala Rekam Medis RS Telogorejo Semarang tidak digapainya hanya dalam waktu satu malam. Ia mengawali karirnya sebagai staff rekam medis bahkan pada saat dirinya belum resmi di wisuda.

Pengalaman inilah yang membawanya diangkat menjadi Koordinator Rekam Medis dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2012. Berkat keuletan dan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan yang ia tangani, kini ia resmi menjadi Kepala Rekam Medis di rumah sakit tersebut.

 

Pria asal Sragen ini menuturkan kiat-kiat yang ia lakukan agar karirnya selalu meningkat. Menurutnya, membangun kepercayaan sangatlah penting. Itulah mengapa ia selalu membangun kepercayaan dari tugas yang diberikan kepadanya, tidak hanya bertanggung jawab pada tugas, tapi juga berperan aktif di setiap kegiatan perusahaan.

“Jangan malas untuk cari ilmu, selalu belajar untuk meningkatkan kualitas diri, bisa dengan melanjutkan ke jenjang S-1, dan seterusnya,” ungkap Suyoko.

 

Ia menuturkan, peluang kerja jurusan RMIK terbilang sangat luas, banyak fasilitas kesehatan yang membutuhkan tenaga rekam medis. “Banyak fasilitas kesehatan yang kian bertambah, pasti ada tenaga medis yang pensiun setiap tahun. Oleh karena itu rekam medis merupakan pekerjaan yang harus selalu regenerasi,” paparnya.

 

Kepada teman mahasiswa Udinus, ia berpesan agar selalu memanfaatkan masa kuliah dengan baik. Karena tugas yang diberikan dosen juga dapat menjadi bekal ilmu dan keterampilan dalam mengelola rekam medis. “RMIK Udinus juga mengajarkan pengelolaan rekam medis manual maupun elektronik yang akan sangat bermanfaat di dunia kerja,” imbuhnya.

 

Suyoko juga bercerita tentang pengalamannya selama bekerja di Rumah Sakit, apalagi dengan keadaan pandemi seperti ini Rumah Sakit tentunya menjadi tempat yang paling rawan terpapar oleh virus. Ia mengaku untuk menjaga imun dan melindungi keluarga dirumah, pihak Rumah Sakit selalu menerapkan protokol kesehatan, memperhatikan kebersihan secara ketat. “Jangan lupa untuk selalu jaga pola makan yang sehat,” tutupnya. (*Humas Udinus/Almira. Foto : Dok.Pribadi)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)