BAGAS MANFAATKAN ILMU PERKULIAHAN SEBAGAI PELUANG BERWIRAUSAHA


BAGAS MANFAATKAN ILMU PERKULIAHAN SEBAGAI PELUANG BERWIRAUSAHA

Merintis sebuah usaha menjadi impian sebagian orang, namun seorang wirausahawan tentu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mendirikan usaha. Hal inilah yang dirasakan oleh Bagas Prayitno, pemilik vendor jasa foto 'Aura' sekaligus Freelance Videographer.

 

Pemuda yang kerap disapa Bagas itu mengaku tak mudah baginya mendirikan usaha di tengah pandemi saat ini. Alumni S-1 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini mulai merintis usahanya dengan menjadi freelance videographer sejak tahun 2016, ia juga sempat menjadi freelance videographer pada sebuah media pemberitaan online. Dari pengalaman tersebut, akhirnya menjadi bekal ia untuk akhirnya membuka vendor jasa foto wedding dan prewedding.

 

Usaha yang ia rintis telah mengalami pasang surut, terutama saat pandemi berlangsung sekarang ini.  "Selama pandemi sulit mendapatkan klien, namun bukan alasan bagi saya untuk berhenti berusaha. Saya tetap survive dengan memberikan banyak penawaran agar usaha saya tetap berjalan, berbekal ilmu yang saya dapat saat kuliah,"ungkapnya.

 

Pengurangan karyawan dan strategi bisnis agar usahanya tetap berjalan menjadi keresahan bagi Bagas. Namun hal itu ia atasi dengan ilmu yang ia dapat saat duduk di bangku perkuliahan. Banyak mata kuliah yang ia terapkan dalam membangun usahanya, seperti teknik melobi, strategi pemasaran, komunikasi bisnis, hingga entrepreneurship. Baginya mata kuliah tersebut bermanfaat dalam membantunya bernegosiasi dengan klien dimana diperlukan kecakapan berkomunikasi. Tak hanya itu saja, mata kuliah public speaking juga telah membantunya selama merintis usahanya baik vendor jasa dan freelancer.

 

Bagi pemuda kelahiran Semarang itu, ilmu yang didapatkan saat berkuliah di Udinus mampu membuka peluang bagi generasi muda untuk merintis usaha. Berbekal ilmu pengetahuan dan praktik yang biasa dilakukan di area sekitar kampus dapat dijadikan bahan ajar bagi wirausahawan yang baru akan merintis usahanya. Dari hal itu ia mempelajari bagaimana menentukan pangsa pasar dan kebutuhan konsumen sehingga sangat bermanfaat baginya mendirikan usahanya saat ini.

 

Ia berpesan kepada generasi muda untuk memanfaatkan ilmu yang didapat sebaik-baiknya agar peluang semakin terbuka lebar. "Amati dan pelajari. Jangan takut mencoba, karena tanpa mencoba tidak akan mengetahui hasilnya," pesan Bagas. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto: Dok. Pribadi)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)