BERAWAL DARI PENGALAMAN PRIBADI, DIANA DAPATKAN IDE UNTUK CIPTAKAN ALAT INOVATIF


BERAWAL DARI PENGALAMAN PRIBADI, DIANA DAPATKAN IDE UNTUK CIPTAKAN ALAT INOVATIF

Berawal dari pengalaman pribadi orang tua yang berujung memberikan ide inovatif untuk menciptakan alat deteksi gula darah non-invasif. Ide inovatif yang dikenal dengan nama Gluconov tersebut dikembangkan oleh Diana Almaas Akbar Rajah, mahasiswi program studi S1 Teknik Biomedis Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

 

Pada awalnya ide yang dimiliki oleh gadis yang akrab disapa Diana hanya digunakan sebagai tugas akhir biasa. Namun berkat rekomendasi dari para dosen dan dukungan dari mahasiswa lain. “Akhirnya saya pun membentuk sebuah tim dan mengikutsertakan alat tersebut pada ajang Asean Innovation Science And Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 pada bidang Entrepreneur dengan nama Gluconov, lalu berhasil meraih gold medal,” jelasnya

 

Teknik biomedis masih menjadi salah satu jurusan yang terbilang baru. Dalam jurusan ini Diana dituntut untuk menjadi insinyur yang kritis terhadap kebutuhan alat kesehatan serta medis. “Sehingga nantinya alat-alat yang kami ciptakan bisa dimanfaatkan sebagai penunjang fasilitas kesehatan yang lebih baik dan memadai bagi masyarakat umum,” jelas gadis kelahiran Grobogan, 14 Mei 1999 tersebut.

 

Selain menuntut ilmu dan mengikuti kegiatan organisasi kampus. Mahasiswi dengan hobi membaca ini juga memiliki kesibukan lain diluar itu. Salah satunya mengajar secara privat untuk kelompok murid SD yang berisikan 5-10 anak. “Mengajar ini saya lakukan untuk mengisi waktu luang, jadi hanya saya lakukan pada hari Sabtu dan Minggu saja. Selain itu saya juga sempat menjadi asisten dosen,” ungkapnya lugu.

 

Menurut Diana membagi waktu antara kewajiban berkuliah dengan kesibukan lainnya tidak terlalu sulit. Karena semua sudah ia porsikan masing-masing, dengan membagi waktu berdasarkan harinya. Untuk hari Senin hingga Jumat difokuskan untuk segala kegiatan yang ada di kampus. “Tapi tidak lupa malamnya saya gunakan untuk refreshing seperti bermain game. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu saya gunakan untuk kegiatan diluar kampus seperti mengajar dan juga menjadi mentor di SMA saya sebagai alumni ketua jurnalistik,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)