BERMULA DARI SENANG OLAH KATA, JADIKAN DIKA EDITOR MEDIA


BERMULA DARI SENANG OLAH KATA, JADIKAN DIKA EDITOR MEDIA

“Ketika memiliki passion dalam suatu bidang yang disukai, maka tekuni bidang tersebut. Karena suatu saat nanti passion tersebut akan menjadi salah satu kunci kesuksesan di masa mendatang,” pesan Andika Primasiwi (37) selaku alumni Program Studi S1 Sastra Inggris Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Yang saat ini terus menggali passionnya dengan berkarir di suaramerdeka.com sebagai editor.

 

Sebagai seorang editor berita, Pria yang akrab disapa Dika ini memang sudah sedari dulu tertarik dalam hal mengolah kata. Ketika ada tulisan yang agak ‘nyelempang’ ia selalu merasa tergerak untuk memperbaikinya. Dari situlah ia mendapatkan motivasi untuk menjadi seorang editor. Setiap harinya Dika harus mengedit sebuah berita sebelum ditayangkan untuk publik.

 

“Dalam pekerjaan ini Saya mendapatkan tekanan untuk selalu berhati-hati, selalu cermat dalam mengedit sebuah berita supaya tidak ada informasi yang salah untuk pembaca. Sebisa mungkin juga tidak merugikan pihak manapun, selain itu juga pengeditan dimaksudkan agar berita lebih mudah dipahami,” ungkap Dika.

 

Selain menjadi seorang editor, Alumni angkatan 2004 tersebut saat ini merangkap sebagai Sekretaris Redaksi di tempatnya berkarir. Tidak hanya menaikan berita aktual, Dika juga menulis beberapa berita sepak bola dan olahraga. Seputar isu liga top Eropa dan Indonesia hingga hasil pertandingannya.

 

“Selama menjadi seorang editor dan juga penulis beberapa kendalanya yaitu bagaimana caranya supaya berita yang dibuat tidak sama dengan sumber aslinya tanpa menghilangkan inti dari berita tersebut. Yang selalu saya lakukan memahami isi berita lalu mengolahnya seusai bahasa saya sendiri,” jelas Pria kelahiran Semarang, 9 Desember 1984 tersebut.

 

Selama berkuliah di Udinus, Dika sempat menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Komputer Udinus. Namun setelah setahun berkuliah, dirinya sadar untuk lebih fokus dengan passion yang sudah dimiliki. Lalu memutuskan untuk berpindah jurusan menjadi S1 Sastra Inggris yang kini berubah nama menjadi S1 Bahasa Inggris. Dengan lingkungan pembelajaran yang mendukung ia mampu mendapat gelar sarjana dengan tepat waktu.

 

“Berpindah jurusan dan mengikuti passion merupakan pilihan yang tepat bagi saya, banyak sekali ilmu yang hingga saat ini diterapkan dalam pekerjaan. Salah satunya yaitu translation, karena tidak jarang saya harus menerjemahkan tulisan dari media luar,” ujar Dika

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)