MANFAATKAN WAKTU LUANG, MAYLINDA MAMPU JALANKAN TIGA USAHA SEKALIGUS


MANFAATKAN WAKTU LUANG, MAYLINDA MAMPU JALANKAN TIGA USAHA SEKALIGUS

Jiwa berwirausaha tentunya terus ditanamkan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kepada mahasiswanya. Satu diantaranya mahasiswi dari Program Studi S-1 Teknik Informatika Udinus, Maylinda Putri Ardiani. Berbagai usaha ia lakoni dan mampu meraup untung hingga kurang lebih 4 juta setiap bulannya.

 

Omset itu ia dapatkan dari dua bisnis yang ia kelola bersama rekan kerjanya dan satu bisnis dikelola bersama dengan orangtuanya. Tiga bisnis tersebut yakni bisnis makanan sate Taichan, Dessert Box dengan nama Bittersweet by Najla dan bisnis jual baju online. Dalam usaha persewaan baju pengantin bersama orang tuanya, ia tekuni saat masih duduk di bangku SMA. “Saya mau berwirausaha karena untuk mengisi waktu luang dan selagi masih muda apa salahnya mencoba berwirausaha. Alhasil semuanya dengan perjuangan keras bisa meraih omset yang cukup,” jelasnya.

 

Ungkap dara yang akrab disapa May, pada sistem bisnisnya seperti sate Taichan ia memanfaatkan sistem Cash On Delivery (COD) yang ia antar sendiri ke pelanggan. Hal itu ia lakukan untuk menghemat biaya pengiriman, jika menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga akan membebankan konsumen. Dalam sekali proses pengiriman, ia mampu mengirimkan sekitar 300 hingga 400 tusuk sate. Sedangkan, untuk proses pemesanan ia menggunakan sistem preorder.

“Sistem COD yang saya lakukan sendiri dapat menarik minat konsumen dan tentunya ongkirnya ringan. Setelah jam kuliah selesai biasanya saya gunakan untuk pengiriman ke konsumen. Sementara untuk dessert box pengiriman dan pemesanan juga sama seperti bisnis sate taichan,” ungkapnya.

 

Menurutnya, perkuliahan online yang sekarang diterapkan oleh Udinus di masa pandemi, memiliki banyak manfaat. Satu diantaranya dapat dimanfaatkan untuk berbisnis seperti yang ia jalankan sekarang. Dara kelahiran 11 Mei 2000 ini mengaku selama kuliah di Udinus, ia mendapatkan berbagai pelajaran yang berharga mengenai dunia usaha dan berbagai trik berwirausaha.

 

May juga menjadi bagian dari satu di antara puluhan mahasiswa yang lolos di Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 lalu yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia. “Saat promosi untuk berbagai bisnisnya saya memanfaatkan media sosial yang ada. Udinus memberikan saya banyak ilmu mengenai berwirausaha, dan berharap usahanya mampu terus berkembang,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)