PROGRAM STUDI
Teknik Informatika Kediri – S1
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Saya sangat senang menyambut Anda di Program Studi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Kami adalah salah satu lembaga pendidikan dan penelitian ilmu komputer terbaik di Indonesia. Visi kami adalah menjadi program studi yang unggul di bidang teknik informatika, khususnya di bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas. Kami juga menerapkan prinsip technopreunership dalam program akademik kami yang berfungsi untuk melayani semua kebutuhan karir Anda. Seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun, permintaan dalam industri ilmu komputer sangat kuat.
Berkaitan dengan tuntutan tersebut, Program Studi Teknik Informatika menawarkan fasilitas terbaik untuk membangun karir lulusan sebagai: data scientist junior, AI developer, game developer, software engineer, system administrator, network engineer, programmer dan technopreneur. Kurikulum kami memberikan pengetahuan dalam teori dan praktek. Semua siswa kami juga diberikan kesempatan besar untuk belajar dari dosen, ilmuwan, dan praktisi luar biasa dari seluruh dunia. Saya mengundang Anda untuk lebih jauh menemukan situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Program Studi kami. Jangan ragu untuk menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut.
Salam,
Ketua Program Studi Teknik Informatika Kediri
Eko Hari Rachmawanto, M.Kom.
VISI & MISI
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Visi
Menjadi Program Studi unggul di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas, yang berjiwa technopreunership dan berwawasan internasional.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang Informatika yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kewirausahaan.
2. Meningkatkan program penelitian di bidang informatika khususnya bidang rekayasa perangkat lunak dan sistem cerdas yang berkualitas dan berkelanjutan.
3. Meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.
4. Menjalin kerjasama yang berdampak pada peningkatan kualitas mahasiswa, dosen dan organisasi.
AKREDITASI
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1

PROFIL LULUSAN
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Software Engineer
Pemrogram profesional yang menerapkan proses sistematis untuk memahami kebutuhan pengguna, bekerja dengan pengguna dalam merancang dan menulis program sebagai bagian dari tim pengembangan perangkat lunak, dan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah praktis.
Junior Data Scientist
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk membantu mengidentifikasi pengetahuan, sehingga mendukung peningkatan operasi organisasi dan memperoleh keunggulan kompetitif.
AI Developer
Profesional yang meneliti dan mengembangkan program untuk meniru proses berpikir dan menalar otak secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan dalam bidang tertentu.
Network Engineer
Profesional yang merencanakan pemasangan atau perluasan jaringan komputer, melakukan konfigurasi kompleks pada server, hub, router, dan perangkat jaringan komputer lainnya, menulis skrip atau program untuk mengotomatiskan operasi jaringan.
System Administrator
Profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola pengoperasian sistem komputer atau jaringan dengan banyak pengguna sehingga dapat berjalan dengan andal dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Game Developer
Profesional yang merancang dan mengembangkan game untuk komputer, konsol, dan perangkat seluler. Mereka terlibat dalam membuat desain dan membuat implementasi.

AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
Kurikulum
Program Studi Teknik Informatika Kediri – S1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
2 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
3 | F11.64103 | Dasar Pemrograman | 4 | 1 |
4 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
5 | F11.64102 | Fisika | 4 | 1 |
6 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
7 | F11.64101 | Kalkulus | 3 | 1 |
8 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
9 | AF201704 | Dasar-Dasar Komputasi | 2 | 1 |
10 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
11 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 |
12 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 2 |
13 | N201707 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 |
14 | F11.64205 | Interaksi Manusia dan Komputer | 3 | 2 |
15 | F11.64203 | Matematika Diskrit | 3 | 2 |
16 | F11.64202 | Organisasi dan Arsitektur Komputer | 3 | 2 |
17 | F11.64204 | Algoritma dan Struktur Data | 4 | 2 |
18 | F11.64201 | Matriks dan Ruang Vektor | 3 | 2 |
19 | N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 3 |
20 | F11.64306 | Sistem Operasi | 3 | 3 |
21 | F11.64305 | Pemrograman Berbasis Web | 2 | 3 |
22 | F11.64302 | Logika Informatika | 3 | 3 |
23 | F11.64304 | Basis Data | 4 | 3 |
24 | F11.64301 | Probabilitas dan Statistik | 3 | 3 |
25 | F11.64303 | Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | 3 |
26 | F11.64407 | Rangkaian Logika Digital | 3 | 4 |
27 | F11.64401 | Otomata dan Teori Bahasa | 3 | 4 |
28 | F11.64405 | Pembelajaran Mesin | 3 | 4 |
29 | F11.64402 | Jaringan Komputer | 3 | 4 |
30 | F11.64404 | Pemrograman Web Lanjut | 2 | 4 |
31 | F11.64406 | Sistem Basis Data | 2 | 4 |
32 | F11.64403 | Pemrograman Berorientasi Objek | 4 | 4 |
33 | F11.64502 | Penambangan Data | 3 | 5 |
34 | F11.64505 | Kecerdasan Buatan | 3 | 5 |
35 | F11.64506 | Kriptografi | 3 | 5 |
36 | F11.64706 | Pemrograman Sisi Klien | 3 | 5 |
37 | F11.64603 | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak | 3 | 5 |
38 | F11.64717 | Lingkungan Cerdas dan Intelijen | 3 | 5 |
39 | F11.64610 | Sistem Tertanam | 3 | 5 |
40 | F11.64504 | Manajemen Proyek Teknologi Informasi | 3 | 5 |
41 | F11.64708 | Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Teks | 3 | 5 |
42 | AF201703 | Technopreneurship | 2 | 5 |
43 | F11.64501 | Sistem Terdistribusi | 3 | 5 |
44 | F11.64503 | Sistem Informasi | 3 | 5 |
45 | F11.64712 | Penglihatan Komputer dan Analisis Citra | 3 | 5 |
46 | F11.64709 | Pemrosesan Bahasa Alami Berbasis Ucapan | 3 | 6 |
47 | F11.64713 | Analisis Data | 3 | 6 |
48 | F11.64611 | Keamanan Sistem dan Siber | 3 | 6 |
49 | F11.64718 | Internet of Things | 3 | 6 |
50 | F11.64602 | Pengembangan Startup Digital | 2 | 6 |
51 | F11.64606 | Komputer Grafik | 3 | 6 |
52 | F11.64601 | Komputasi Numerik | 3 | 6 |
53 | F11.64605 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 | 6 |
54 | F11.64604 | Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek | 3 | 6 |
55 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 6 |
56 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 6 |
57 | F11.64703 | Bengkel Koding | 2 | 7 |
58 | F11.64704 | Tugas Akhir 1 | 2 | 7 |
59 | F11.64707 | Pemrograman Sisi Server | 3 | 7 |
60 | F11.64701 | Kerja Praktek | 2 | 7 |
61 | F11.64702 | Metodologi Penelitian | 2 | 7 |
62 | F11.64710 | Pemrograman Game | 3 | 7 |
63 | F11.64104 | Keterampilan Interpersonal | 2 | 7 |
64 | F11.64607 | Pengolahan Citra | 3 | 7 |
65 | F11.64715 | Manajemen Jaringan | 3 | 7 |
66 | F11.64714 | Komputasi Quantum | 3 | 7 |
67 | F11.64705 | Jaminan Kualitas Perangkat Lunak | 3 | 8 |
68 | F11.64801 | Bimbingan Karir | 2 | 8 |
69 | F11.64609 | Komputasi Awan | 3 | 8 |
70 | F11.64802 | Etika Profesi | 2 | 8 |
71 | F11.64711 | Pengembangan Game | 3 | 8 |
72 | F11.64716 | Forensik Digital | 3 | 8 |
73 | F11.64803 | Tugas Akhir 2 | 4 | 8 |
74 | F11.64608 | Sistem Temu Kembali Informasi | 3 | 8 |