Atlet Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil sumbangkan 12 medali sebagai perwakilan Kontingen Jawa Tengah (Jateng). Medali diraih pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII, Kalimantan Selatan.

Secara detail, 10 atlet Udinus mampu mengantongi 3 medali emas, 3 medali perak dan 6 medali perunggu. Tersebar di 4 cabang olahraga (cabor) yakni Taekwondo, Karate, Catur, dan Panjat Tebing. Melalui capaian tersebut, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., mendukung penuh dan memberikan ucapan selamat kepada mereka. Saat ini mereka telah mendapatkan beasiswa pendidikan dari Udinus.

“Terima kasih dan selamat atas perjuangan para atlet Udinus di POMNas tahun ini. Dukungan itu berupa hadirnya biro kemahasiswaan di beberapa ajang yang mereka ikuti. Itu bentuk support kami untuk mereka,” ujarnya. 

Berdasarkan detail dari website resmi POMNas, kontingen Jateng memperoleh total 115 medali. Dengan rincian 34 medali emas, 42 medali perak dan 39 medali perunggu. Seremonial penutupan pun berlangsung di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Melalui sumbangan ini menjadi kontribusi kami membawa kontingen Jateng menduduki peringkat untuk perolehan secara umum. Meski belum mencapai target terbaik, tapi usaha para atlet bukanlah sia-sia. Ini menjadi batu loncatan mereka untuk menjadi lebih baik di ajang berikutnya,” tambah Dr. Kusni dalam keterangan, pada Senin (27/11/2023). 

Atlet Taekwondo Udinus, Dinda Putri Lestari mewakili atlet Udinus lain ungkapkan rasa terima kasih. Berkat dukungan dari kontingen Jateng dan seluruh civitas academica Udinus ia berhasil memberikan yang terbaik. Pada ajang tersebut Dinda bertanding di kategori Kyorugi Under 73 Kg Putri. Berhasil menaklukkan atlet asal DKI Jakarta di ajang final dan meraih medali emas.

“Ini merupakan pencapaian yang berharga bagi saya, bisa mewakili Jateng dan Udinus. Terima kasih juga untuk dukungan seluruh civitas academica Udinus. Semoga beasiswa yang kami dapatkan bisa menjadi bekal ke depannya ketika sudah selesai menjadi atlet,” ungkap mahasiswi Prodi S-1 Manajemen Udinus itu.

Sebagai informasi, POMNas XVIII berlangsung mulai 12-22 November 2023 beberapa waktu lalu. Kompetisi olahraga itu memberikan wadah bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia. Mengusung tema ‘Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi’. Ajang tersebut mempertandingkan sebanyak 16 cabor dengan 209 nomor dan diikuti oleh 2.717 mahasiswa dari 34 provinsi di Indonesia. (Humas Udinus/Haris. Ilustrasi : Humas Udinus)

Ilustrasi Atlet Udinus Sumbangkan 12 Medali di POMNas 2023
Ilustrasi Capaian 12 Atlet Udinus di POMNas XVIII 2023