Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar seputar dunia karier secara langsung dengan para ahli. Hal ini diwujudkan dengan digelarnya talkshow Professional Dialogue Career (Procage) 2023 yang berlangsung pada Jumat, 24 November 2023.

Kegiatan yang berlangsung di aula Gedung E lantai 3 Udinus Semarang itu merupakan salah satu luaran dari mata kuliah Komunikasi Bisnis. Sekaligus menjadi serangkaian program pada mata kuliah Bimbingan Karir (BK). Talkshow yang membahas tentang Curriculum Vitae (CV) dan etika bisnis ini diinisiasi oleh Devi Purnamasari  S.Kom., M.I.Kom., selaku koordinator Bimbingan Karier dan dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Bisnis.

Devi menjelaskan bahwa kegiatan ini dikemas untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah bimbingan karier. Yaitu yang saat ini sudah menginjak di semester 5 perkuliahan. “Banyak mahasiswa terlibat dalam event ini. Dengan waktu kurang dari 1 bulan, bisa menyiapkan event sekeren ini. Ini juga atas kesadaran bahwa kita semua sama-sama butuh ilmu,” ungkapnya.

“Kami berharap mahasiswa tidak berhenti belajar sampai disini saja. Melainkan terus mencari sudut pandang lain terutama untuk pengembangan karier masing-masing. Silahkan mengikuti tips-tips yang sebelumnya sudah disampaikan kedua narasumber kali ini,” tambahnya.

Secara keseluruhan acara tersebut memiliki 2 rangkaian kegiatan. Sebelumnya, pada talkshow yang pertama dilakukan bersama PT. Pertamina. Lalu dilanjutkan dengan talkshow kedua yang menghadirkan 2 pembicara ahli. Mereka antara lain Zahrotul Umami, M.I.Kom., dosen Udinus sekaligus konsultan marketing Communication (MarCom), serta Yova Beltz selaku Human Resource (HR) sekaligus content creator membahas terkait cv dan etika dunia profesional.

Secara terpisah, Ketua Prodi S-1 Ilkom Udinus Dr. Rahmawati Zulfiningrum, S.I.Kom., M.I.Kom., mendukung penuh dengan adanya talkshow yang menghadirkan narasumber ahli. Menurutnya wawasan seperti ini sangat lah penting bagi mahasiswa untuk memperoleh sudut pandang baru. Berbagai pengalaman yang dibagikan oleh narasumber bisa menjadi bekal penting untuk mahasiswa.

“Materi tidak hanya didapat mahasiswa dari dalam kelas saja. Menghadirkan narasumber ahli juga menjadi usaha kami untuk memberikan ilmu baru kepada mahasiswa. Hal ini penting untuk memberikan suntikan softskill yang sering kali ditemui di dunia profesional,” tutupnya.

(Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)