PROGRAM STUDI

Teknik Informatika – D3

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Teknik Informatika – D3

Dr. Fikri Budiman, M.kom
(0686.11.1995.070)

Selamat datang di Program Diploma – Informatika Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Dian Nuswantoro Informatika adalah disiplin ilmu yang sangat dinamis, menarik, dan menantang. Komputer merupakan bagian integral dari setiap aspek kehidupan masyarakat dan modern yang membuat bidang ilmu ini berkembang dan berubah secara terus menerus dan cepat.

Sebagai mahasiswa di Program ini, Anda akan dihadapkan pada pembelajaran inspirasional berkualitas dengan dosen yang bersemangat mengembangkan dan menyampaikan pengajaran, tetap menjadi yang terdepan dalam mengembangkan metode pengajaran, pembelajaran dan penilaian yang inovatif dan secara konsisten menggunakan teknologi termasuk teknologi pembelajaran yang baik untuk kelas kegiatan tetapi juga untuk kegiatan belajar di luar batas kelas sebagai salah satu cara keberhasilan dalam menunjang belajar siswa. Pengajaran dan pembelajaran diinformasikan oleh kebutuhan industri dan dimensi industri praktis yang terintegrasi ke dalam banyak kegiatan siswa.

Siswa akan diberikan kesempatan untuk mengerjakan masalah dunia nyata yang disediakan oleh industri, untuk diajar oleh para profesional TI dan mengunjungi lingkungan bisnis yang mengembangkan dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Kami sangat bangga dengan lulusan kami dan prestasi mereka; mereka adalah profesional TI yang sangat terampil terutama di bidang pemrograman web dan seluler, mengejar karir yang sukses dalam berbagai konteks di pasar tenaga kerja global yang kompetitif. Kepada semua siswa kami, kami di Program Diploma Informatika ingin mengucapkan pengalaman belajar yang menginspirasi, produktif, dan sukses.

Ketua Program Studi D3 – Teknik Informatika

Dr. Fikri Budiman, M.Kom

VISI & MISI

Program Studi Teknik Informatika – D3

Visi

“Menjadi Pilihan Utama Pendidikan Vokasi Bidang Teknologi Informasi, dan Mampu Menghasilkan Lulusan Dengan Keahlian Teknologi Web dan Mobile yang Mampu di Bidang Technopreneurship”

Misi

  • Tuntutan dosen profesional yang berkualitas dan ahli di bidang kompetensi yang diajarkan, serta mengembangkan penelitian sesuai dengan kebutuhan keilmuan di program studi.
  • Menyelenggarakan pendidikan berbasis teknologi informasi yang profesional dan berkualitas yang mampu di bidang technopreuner, serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan sertifikasi uji kompetensi di bidang web dan mobile programming.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai institusi luar, sehingga dapat mengontrol penyelenggaraan pendidikan yang selalu up-to-date dan dapat diterapkan secara tepat.
        AKREDITASI

        Program Studi Teknik Informatika – D3

        PROFIL LULUSAN

        Program Studi Teknik Informatika – D3

        Mobile Apps Developer

        profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi yang dirancang khusus untuk berjalan pada perangkat mobile, seperti ponsel cerdas (smartphones) dan tablet. Mereka menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan yang sesuai untuk platform tertentu, seperti Android (menggunakan Java atau Kotlin), iOS (menggunakan Swift atau Objective-C), atau bahkan pengembangan lintas platform dengan alat seperti React Native atau Flutter.

        Web Administrator

        profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga infrastruktur teknis serta konten suatu situs web. Tugas-tugas seorang web administrator mencakup: Pengelolaan Server, Konfigurasi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak, Keamanan, Pemulihan Bencana, Manajemen Konten, Pemantauan Lalu Lintas, Dukungan Pengguna.

        Web Developer

        profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara situs web. Mereka menggunakan bahasa pemrograman, teknologi web, dan alat pengembangan untuk membuat tampilan dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan klien atau proyek. Tugas-tugas seorang web developer mencakup: Pengembangan Front-End, Pengembangan Back-End, dll.

        Web Designer

        Profesional yang bertanggung jawab untuk merancang tampilan visual dari sebuah situs web. Mereka fokus pada aspek-aspek estetika dan tampilan dari situs web tersebut. Tugas-tugas seorang web designer mencakup: Desain Antarmuka Pengguna (UI), User Experience (UX) Design, Dll.

        Database Administrator

        Profesional IT yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara basis data (database) sebuah organisasi. Tugas-tugas seorang DBA mencakup: Desain Basis Data, Instalasi dan Konfigurasi, Keamanan Data, Dll.

        Network Engineer

        Profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memelihara jaringan komputer dalam suatu organisasi. Tugas-tugas seorang network engineer mencakup: Desain Jaringan, Konfigurasi dan Pemasangan Perangkat Jaringan, Keamanan Jaringan, Dll.

        Technopreneur

        Wirausaha atau pengusaha yang fokus pada pengembangan dan penerapan teknologi dalam bisnisnya. Mereka menggabungkan visi kewirausahaan dengan pemahaman mendalam tentang teknologi untuk menciptakan produk, layanan, atau solusi inovatif yang dapat menghasilkan nilai dan keuntungan dalam pasar. Technopreneur berperan dalam mengidentifikasi peluang bisnis yang didukung oleh teknologi, merancang strategi, dan mengelola perusahaan teknologi untuk mencapai kesuksesan. Mereka seringkali berperan sebagai inovator yang membawa perubahan signifikan dalam industri mereka dengan memanfaatkan teknologi sebagai fondasi bisnis mereka.

        AKTIVITAS MAHASISWA

        Program Studi Teknik Informatika – D3