PROGRAM STUDI
Film dan Televisi – SST
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Film dan Televisi – SST
DR RURI SUKO BASUKI M.Kom
Program studi film dan televisi mulai beroperasi pada tahun 2016 berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.42/KPT/I/2016. Kehadiran program studi ini hadir sebagai respon terhadap pertumbuhan sektor ekonomi kreatif yang meningkat signifikan di Indonesia dimana subsektor film, animasi dan video memiliki akselerasi pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk itu, Program Studi Film dan Televisi pada jenjang D-4 sangat dibutuhkan dalam rangka mentransformasi pertumbuhan menjadi Pembangunan dengan mensinergikan antara kualitas, kuantitas, dan kontekstualitas.
Era masyarakat dunia maya yang mengarah ke era metaverse memungkinkan suatu produk memiliki jaringan pasar yang mulus. Begitu juga dengan produk film, untuk mendapatkan pendanaan dalam memproduksi film sudah dibuka secara luas dengan daya saing yang sehat.
Berbeda dengan pola pendanaan di era sebelumnya, kelompok pembuat film harus memiliki hubungan yang erat dengan investor, sponsor, dan lembaga filantropi. Sedangkan pola pendanaan film saat ini memiliki mekanisme pasar yang membutuhkan peran yang komprehensif.
Untuk memproduksi, mendistribusikan, dan memasarkan film ini tidak hanya sekedar kegiatan antara produsen dan konsumen, tetapi juga membutuhkan infrastruktur yang memadai, dimana infrastruktur tersebut adalah negara, swasta dan penonton. Negara harus hadir untuk memberikan regulasi yang tepat, pihak swasta menempatkan film sebagai pemacu KI (Kekayaan Intelektual) dan turunannya serta penonton menempatkan film tidak hanya sebagai tontonan-hiburan, tetapi juga mendukung literasi.
Kehadiran Prodi Film dan Televisi Universitas Dian Nuswantoro dimaksudkan untuk memberikan warna tersendiri yang mensinergikan antara kualitas, kuantitas dan kontekstualitas film sehingga menjadi agen pembangunan film untuk mendongkrak ekosistem film nasional.
Ketua Program Studi D4 Film dan Televisi
Dr. Ruri Suko Basuki, S.Kom., M.Kom
VISI & MISI
Program Studi Film Dan Televisi – SST
Visi
“Menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi produksi, eksibisi serta pengetahuan kritik film yang didukung kemapuan technopreneurship secara terpadu guna menggerakkan ekosistem industri film di wilayah Nasional maupun Internasional”
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu membuat model terpadu antara perkembangan pengetahuan dan teknologi, kebutuhan industri film, dan kebutuhan publik.
2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu mengkombinasikan antara ketrampilan produksi film, eksibisi film, dan kritik film dengan pengetahuan terhadap persoalan kemanusiaan, politik, budaya, ekonomi, dan hukum.
3. Melaksanakan pengabdian yang mampu memfasilitasi masyarakat dengan literasi melalui produksi film, eksibisi film, dan kritik film.
4. Pengembangan kerjasama dengan rekanan pelaku industri film dalam negeri maupun luar negeri guna menopang pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
AKREDITASI
Program Studi Film Dan Televisi – SST
PROFIL LULUSAN
Program Studi Film dan Televisi – SST
Camera Stylist
Profesional dalam industri fotografi dan film yang bertanggung jawab untuk merancang dan mengatur tampilan visual, termasuk pemilihan pakaian, aksesori, dekorasi, dan elemen-elemen lain yang terkait dengan estetika dan gaya yang akan ditampilkan dalam pemotretan atau produksi film. Tugas-tugas seorang camera stylist mencakup: Pemilihan Pakaian, Aksesori, Dekorasi, Makeup dan Riasan, Dll.
Editor
Profesional yang bertanggung jawab untuk merevisi, mengedit, dan memperbaiki teks atau konten tertulis dalam berbagai media seperti buku, artikel, majalah, situs web, atau naskah. Tugas utama seorang editor mencakup: Pengeditan Bahasa, Pengeditan Struktur, Penyuntingan Gaya, Pengeditan Konten, Dll.
Sound Designer
Profesional di industri audio yang bertanggung jawab untuk merancang dan menciptakan elemen-elemen audio dalam produksi multimedia seperti film, teater, permainan video, dan pertunjukan live. Tugas utama seorang sound designer mencakup: Pemilihan Musik, Desain Suara, Penyuntingan Audio, Penggunaan Teknologi Audio, Sinkronisasi Audio, Dll.
Film Journalist
Wartawan yang memiliki fokus pada industri film. Tugas utamanya adalah melaporkan dan menulis berita, ulasan, wawancara, dan analisis seputar film dan industri hiburan secara umum. Mereka memberikan liputan terkini tentang film-film terbaru, festival film, pemutaran perdana, acara penghargaan, dan perkembangan terkini dalam dunia perfilman. Film journalist juga sering memberikan pandangan dan ulasan kritis tentang kualitas film, akting, dan aspek-aspek kreatif lainnya. Mereka dapat bekerja untuk media cetak, daring, radio, atau televisi, serta memainkan peran penting dalam memberikan informasi kepada publik tentang dunia film.
Lamp Stylist
Profesional yang ahli dalam merancang dan mengatur pencahayaan dalam berbagai konteks, termasuk fotografi, produksi film, dekorasi interior, dan peristiwa khusus. Tugas utama mereka adalah menciptakan pencahayaan yang sesuai dengan mood, estetika, dan tujuan tertentu dalam pengaturan visual. Lamp stylist akan memilih jenis lampu, intensitas cahaya, dan penempatan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam situasi tertentu. Dalam industri fotografi dan film, peran mereka adalah untuk memastikan bahwa subjek terpapar dengan baik dan tampil menarik dalam gambar atau adegan. Dalam dekorasi interior, lamp stylist membantu menciptakan atmosfer yang nyaman atau dramatis dengan pencahayaan yang cocok. Pemahaman tentang pencahayaan, teknik lampu, dan kreativitas adalah keterampilan penting dalam pekerjaan lamp stylist.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Film Dan Televisi – SST
Kurikulum
Program Studi Film Dan Televisi – SST
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
---|---|---|---|---|
1 | A16.1101 | Dasar Penceritaan Film | 3 | 1 |
2 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
3 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
4 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
5 | AF201701 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
6 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
7 | A16.1A106 | CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING | 3 | 1 |
8 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
9 | A16.1A107 | Sejarah Kebudayaan Indonesia | 2 | 1 |
10 | A16.1A109 | Membaca Film Indonesia | 3 | 1 |
11 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
12 | A16.1A108 | Basic Sinematografi | 3 | 1 |
13 | U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
14 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
15 | N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 1 |
16 | A16.1A402 | Editing 1 | 3 | 1 |
17 | A16.1103 | Dasar Manajemen Film | 3 | 1 |
18 | A16.1102 | Tata Gambar Film 1 | 3 | 1 |
19 | A16.1104 | Editing Film 1 | 2 | 1 |
20 | A16.1105 | Studio Film Indonesia | 3 | 1 |
21 | A16.2105 | Tata Gambar Film 2 | 3 | 2 |
22 | A16.2104 | Tata Artistik Film 1 | 3 | 2 |
23 | A16.2102 | Manajemen Produksi Film 1 | 3 | 2 |
24 | A16.2107 | Riset Film 1 | 3 | 2 |
25 | A16.2106 | Editing Film 2 | 2 | 2 |
26 | A16.1A504 | Editing 2 | 3 | 2 |
27 | A16.2103 | Desain Sound 1 | 2 | 2 |
28 | A16.2010 | Tata Bentuk Film Dokumenter | 3 | 2 |
29 | A16.1A203 | Analisa Teks Karya Ilmiah & Sastra | 3 | 2 |
30 | A16.1A205 | Estetika Bentuk Film | 3 | 2 |
31 | A16.1A206 | Sejarah Sinematografi | 3 | 2 |
32 | A16.1A403 | Desain Sound 1 | 3 | 2 |
33 | A16.1A208 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 | 2 |
34 | A16.1A405 | Metode Penulisan Ilmiah Film 1 | 3 | 2 |
35 | A16.1A301 | Teknik FIlm Naratif | 3 | 3 |
36 | A16.1A502 | Video Art & Industrial | 3 | 3 |
37 | A16.1A305 | Psikologi Film | 3 | 3 |
38 | A16.1A306 | Geografi Film Indonesia | 3 | 3 |
39 | A16.1A307 | Membaca Film Amerika Utara | 3 | 3 |
40 | A16.1A505 | Desain Sound 2 | 3 | 3 |
41 | A16.3102 | Tata Gambar Film 3 | 3 | 3 |
42 | AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | 2 | 3 |
43 | A16.3107 | Riset Film 2 | 3 | 3 |
44 | A16.3101 | Tata Bentuk Film Fiksi | 3 | 3 |
45 | A16.3103 | Editing Film 3 | 2 | 3 |
46 | A16.1A604 | Metode Penulisan Ilmiah Film 2 | 3 | 3 |
47 | A16.3105 | Manajemen Produksi Film 2 | 3 | 3 |
48 | A16.3104 | Desain Sound 2 | 2 | 3 |
49 | A16.3106 | Tata Artistik Film 2 | 3 | 3 |
50 | A16.1A209 | HaKI & Regulasi Perfilman-Penyiaran | 2 | 4 |
51 | A16.1A406 | Etnografi Foto dan Film | 3 | 4 |
52 | A16.4103 | Riset Film 3 | 3 | 4 |
53 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 4 |
54 | A16.4102 | Teknik Pemutaran Film | 3 | 4 |
55 | A16.4105 | Tata Suara Pemutaran Film | 3 | 4 |
56 | A16.4101 | Desain Program Pemutaran Film | 3 | 4 |
57 | A16.4106 | Strategi Promosi Film | 3 | 4 |
58 | B11.6405 | Pemasaran Digital | 3 | 4 |
59 | A16.1A508 | Desain Brand | 3 | 4 |
60 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 4 |
61 | A16.1A401 | Desain Produksi | 3 | 4 |
62 | A16.1A603 | Desain Eksibisi Film | 3 | 4 |
63 | A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | 3 | 4 |
64 | A16.1A207 | Penulisan Kreatif Persuasif | 2 | 4 |
65 | A16.4104 | Manajemen Acara | 3 | 4 |
66 | U201703 | Kewirausahaan Lanjut | 2 | 5 |
67 | A16.1A303 | Film Dokumenter Jurnalistik | 3 | 5 |
68 | A16.1A704 | Context Study | 3 | 5 |
69 | A16.1A503 | Teknik Kepengarangan Film | 3 | 5 |
70 | A16.5105 | Teknik Presentasi | 3 | 5 |
71 | A16.5104 | Manajemen Kerja Videografi | 3 | 5 |
72 | A16.5103 | Desain Produk | 3 | 5 |
73 | A16.5101 | Metode Riset Produk 1 | 3 | 5 |
74 | A16.5102 | Desain Konten Videografi | 3 | 5 |
75 | A16.1A204 | Analisa Film 1 | 2 | 5 |
76 | A16.1A103 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | 5 |
77 | A16.1A104 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
78 | A16.1A404 | Studio 1 | 3 | 5 |
79 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 6 |
80 | A16.1A701 | Film dan Teater Indonesia | 3 | 6 |
81 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
82 | A16.1A703 | Membaca Film Asia | 3 | 6 |
83 | A16.1A304 | Analisa Film 2 | 2 | 6 |
84 | A16.6101 | Metode Riset Produk 2 | 3 | 6 |
85 | A16.1A602 | Membaca Film Eropa | 3 | 6 |
86 | A16.6102 | Programasi Film Komersial | 3 | 6 |
87 | A16.6103 | Manajemen Operasional Eksibisi | 3 | 6 |
88 | A16.6104 | Bisnis Pemutaran Film | 3 | 6 |
89 | A16.1A605 | Film Dokumenter Indonesia | 3 | 6 |
90 | A16.6105 | Tata Rupa Eksibisi | 3 | 6 |
91 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
92 | A16.1A607 | Pasar Film | 3 | 6 |
93 | A16.7103 | Manajemen Kerja Visual | 3 | 7 |
94 | A16.7104 | Manajemen Kerja Penyutradaraan | 3 | 7 |
95 | A16.1A702 | Teknik Multilayer Filmmaking | 3 | 7 |
96 | A16.7105 | Manajemen Kerja Sound | 3 | 7 |
97 | A16.1A302 | Film Sound | 3 | 7 |
98 | A16.7102 | Production Designer | 3 | 7 |
99 | A16.7101 | Metode Riset Produk 3 | 3 | 7 |
100 | A16.1A706 | Teknik Pemasaran Eksibisi Film | 3 | 7 |
101 | A16.1A506 | Studio 2 | 3 | 7 |
102 | A16.1A601 | Analisa Film 3 | 2 | 7 |
103 | A16.1A708 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
104 | A16.1A606 | Film dan Sastra Indonesia | 3 | 7 |
105 | A16.7107 | Bimbingan Karier | 2 | 7 |
106 | A16.1A802 | Tugas Akhir | 6 | 8 |
107 | A16.1A801 | Seminar / Pitching Karya | 3 | 8 |
108 | A16.1A705 | Teknik Pemasaran Produksi Film | 3 | 8 |