PROGRAM STUDI
Film dan Televisi – SST
SAMBUTAN
Ketua Program Studi Film dan Televisi – SST
Program studi film dan televisi mulai beroperasi pada tahun 2016 berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.42/KPT/I/2016. Kehadiran program studi ini hadir sebagai respon terhadap pertumbuhan sektor ekonomi kreatif yang meningkat signifikan di Indonesia dimana subsektor film, animasi dan video memiliki akselerasi pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk itu, Program Studi Film dan Televisi pada jenjang D-4 sangat dibutuhkan dalam rangka mentransformasi pertumbuhan menjadi Pembangunan dengan mensinergikan antara kualitas, kuantitas, dan kontekstualitas.
Era masyarakat dunia maya yang mengarah ke era metaverse memungkinkan suatu produk memiliki jaringan pasar yang mulus. Begitu juga dengan produk film, untuk mendapatkan pendanaan dalam memproduksi film sudah dibuka secara luas dengan daya saing yang sehat.
Berbeda dengan pola pendanaan di era sebelumnya, kelompok pembuat film harus memiliki hubungan yang erat dengan investor, sponsor, dan lembaga filantropi. Sedangkan pola pendanaan film saat ini memiliki mekanisme pasar yang membutuhkan peran yang komprehensif.
Untuk memproduksi, mendistribusikan, dan memasarkan film ini tidak hanya sekedar kegiatan antara produsen dan konsumen, tetapi juga membutuhkan infrastruktur yang memadai, dimana infrastruktur tersebut adalah negara, swasta dan penonton. Negara harus hadir untuk memberikan regulasi yang tepat, pihak swasta menempatkan film sebagai pemacu KI (Kekayaan Intelektual) dan turunannya serta penonton menempatkan film tidak hanya sebagai tontonan-hiburan, tetapi juga mendukung literasi.
Kehadiran Prodi Film dan Televisi Universitas Dian Nuswantoro dimaksudkan untuk memberikan warna tersendiri yang mensinergikan antara kualitas, kuantitas dan kontekstualitas film sehingga menjadi agen pembangunan film untuk mendongkrak ekosistem film nasional.
Ketua Program Studi D4 Film dan Televisi
Dr. Ruri Suko Basuki, S.Kom., M.Kom
VISI & MISI
Program Studi Film Dan Televisi – SST
Visi
“Menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi produksi, eksibisi serta pengetahuan kritik film yang didukung kemapuan technopreneurship secara terpadu guna menggerakkan ekosistem industri film di wilayah Nasional maupun Internasional”
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu membuat model terpadu antara perkembangan pengetahuan dan teknologi, kebutuhan industri film, dan kebutuhan publik.
2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu mengkombinasikan antara ketrampilan produksi film, eksibisi film, dan kritik film dengan pengetahuan terhadap persoalan kemanusiaan, politik, budaya, ekonomi, dan hukum.
3. Melaksanakan pengabdian yang mampu memfasilitasi masyarakat dengan literasi melalui produksi film, eksibisi film, dan kritik film.
4. Pengembangan kerjasama dengan rekanan pelaku industri film dalam negeri maupun luar negeri guna menopang pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
AKREDITASI
Program Studi Film Dan Televisi – SST
PROFIL LULUSAN
Program Studi Film dan Televisi – SST
Camera Stylist
Profesional dalam industri fotografi dan film yang bertanggung jawab untuk merancang dan mengatur tampilan visual, termasuk pemilihan pakaian, aksesori, dekorasi, dan elemen-elemen lain yang terkait dengan estetika dan gaya yang akan ditampilkan dalam pemotretan atau produksi film. Tugas-tugas seorang camera stylist mencakup: Pemilihan Pakaian, Aksesori, Dekorasi, Makeup dan Riasan, Dll.
Editor
Profesional yang bertanggung jawab untuk merevisi, mengedit, dan memperbaiki teks atau konten tertulis dalam berbagai media seperti buku, artikel, majalah, situs web, atau naskah. Tugas utama seorang editor mencakup: Pengeditan Bahasa, Pengeditan Struktur, Penyuntingan Gaya, Pengeditan Konten, Dll.
Sound Designer
Profesional di industri audio yang bertanggung jawab untuk merancang dan menciptakan elemen-elemen audio dalam produksi multimedia seperti film, teater, permainan video, dan pertunjukan live. Tugas utama seorang sound designer mencakup: Pemilihan Musik, Desain Suara, Penyuntingan Audio, Penggunaan Teknologi Audio, Sinkronisasi Audio, Dll.
Film Journalist
Wartawan yang memiliki fokus pada industri film. Tugas utamanya adalah melaporkan dan menulis berita, ulasan, wawancara, dan analisis seputar film dan industri hiburan secara umum. Mereka memberikan liputan terkini tentang film-film terbaru, festival film, pemutaran perdana, acara penghargaan, dan perkembangan terkini dalam dunia perfilman. Film journalist juga sering memberikan pandangan dan ulasan kritis tentang kualitas film, akting, dan aspek-aspek kreatif lainnya. Mereka dapat bekerja untuk media cetak, daring, radio, atau televisi, serta memainkan peran penting dalam memberikan informasi kepada publik tentang dunia film.
Lamp Stylist
Profesional yang ahli dalam merancang dan mengatur pencahayaan dalam berbagai konteks, termasuk fotografi, produksi film, dekorasi interior, dan peristiwa khusus. Tugas utama mereka adalah menciptakan pencahayaan yang sesuai dengan mood, estetika, dan tujuan tertentu dalam pengaturan visual. Lamp stylist akan memilih jenis lampu, intensitas cahaya, dan penempatan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam situasi tertentu. Dalam industri fotografi dan film, peran mereka adalah untuk memastikan bahwa subjek terpapar dengan baik dan tampil menarik dalam gambar atau adegan. Dalam dekorasi interior, lamp stylist membantu menciptakan atmosfer yang nyaman atau dramatis dengan pencahayaan yang cocok. Pemahaman tentang pencahayaan, teknik lampu, dan kreativitas adalah keterampilan penting dalam pekerjaan lamp stylist.
AKTIVITAS MAHASISWA
Program Studi Film Dan Televisi – SST
Kurikulum
Program Studi Film Dan Televisi – SST
| No | Kode | Mata Kuliah | SKS | Semester |
|---|---|---|---|---|
| 1 | A16.1105 | Studio Film Indonesia | 3 | 1 |
| 2 | A16.1101 | Dasar Penceritaan Film | 3 | 1 |
| 3 | AF201704 | Dasar Dasar Komputasi | 2 | 1 |
| 4 | A16.21001 | Sinematografi | 3 | 1 |
| 5 | N201702 | Bahasa Inggris | 2 | 1 |
| 6 | N2017053 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 2 | 1 |
| 7 | A16.21004 | Hukum dan Etika Media | 3 | 1 |
| 8 | AF201701 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
| 9 | N2017054 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 2 | 1 |
| 10 | A16.21003 | Literasi Media dan Komunikasi | 3 | 1 |
| 11 | A16.1A106 | CREATIVE AND INNOVATIVE THINKING | 3 | 1 |
| 12 | N2017055 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 2 | 1 |
| 13 | A16.21002 | Tata Rupa Film | 3 | 1 |
| 14 | A16.1A107 | Sejarah Kebudayaan Indonesia | 2 | 1 |
| 15 | A16.1A109 | Membaca Film Indonesia | 3 | 1 |
| 16 | N2017051 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 2 | 1 |
| 17 | N2017056 | PENDIDIKAN AGAMA KONG HU CHU | 2 | 1 |
| 18 | A16.1A108 | Basic Sinematografi | 3 | 1 |
| 19 | U201704 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
| 20 | N2017052 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 2 | 1 |
| 21 | N201706 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 1 |
| 22 | A16.24002 | Tata Artistik dan Desain Produksi | 3 | 1 |
| 23 | A16.1A402 | Editing 1 | 3 | 1 |
| 24 | A16.1103 | Dasar Manajemen Film | 3 | 1 |
| 25 | A16.1102 | Tata Gambar Film 1 | 3 | 1 |
| 26 | A16.1104 | Editing Film 1 | 2 | 1 |
| 27 | A16.1A208 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 | 2 |
| 28 | A16.1A405 | Metode Penulisan Ilmiah Film 1 | 3 | 2 |
| 29 | A16.2105 | Tata Gambar Film 2 | 3 | 2 |
| 30 | A16.2104 | Tata Artistik Film 1 | 3 | 2 |
| 31 | A16.22003 | Video Editing | 3 | 2 |
| 32 | A16.2102 | Manajemen Produksi Film 1 | 3 | 2 |
| 33 | A16.22005 | Filmologi Asia | 3 | 2 |
| 34 | A16.2107 | Riset Film 1 | 3 | 2 |
| 35 | A16.22004 | Publisitas Film | 3 | 2 |
| 36 | A16.2106 | Editing Film 2 | 2 | 2 |
| 37 | A16.22002 | Manajemen Produksi Televisi | 3 | 2 |
| 38 | A16.1A504 | Editing 2 | 3 | 2 |
| 39 | A16.2103 | Desain Sound 1 | 2 | 2 |
| 40 | A16.22001 | Teori Komuinikasi Massa | 3 | 2 |
| 41 | A16.2010 | Tata Bentuk Film Dokumenter | 3 | 2 |
| 42 | A16.1A203 | Analisa Teks Karya Ilmiah & Sastra | 3 | 2 |
| 43 | A16.1A205 | Estetika Bentuk Film | 3 | 2 |
| 44 | A16.1A206 | Sejarah Sinematografi | 3 | 2 |
| 45 | A16.1A403 | Desain Sound 1 | 3 | 2 |
| 46 | A16.23005 | Penulisan Program Televisi | 3 | 3 |
| 47 | A16.23003 | Film Dokumenter Kreatif | 3 | 3 |
| 48 | A16.23002 | Etnografi Film | 3 | 3 |
| 49 | A16.1A301 | Teknik FIlm Naratif | 3 | 3 |
| 50 | A16.23001 | Cinema Verite Practice | 3 | 3 |
| 51 | A16.1A502 | Video Art & Industrial | 3 | 3 |
| 52 | A16.1A305 | Psikologi Film | 3 | 3 |
| 53 | A16.1A306 | Geografi Film Indonesia | 3 | 3 |
| 54 | A16.1A307 | Membaca Film Amerika Utara | 3 | 3 |
| 55 | A16.1A505 | Desain Sound 2 | 3 | 3 |
| 56 | A16.23004 | Filsafat Media | 3 | 3 |
| 57 | A16.3102 | Tata Gambar Film 3 | 3 | 3 |
| 58 | AF201703 | TECHNOPRENEURSHIP | 2 | 3 |
| 59 | A16.3107 | Riset Film 2 | 3 | 3 |
| 60 | A16.3101 | Tata Bentuk Film Fiksi | 3 | 3 |
| 61 | A16.3103 | Editing Film 3 | 2 | 3 |
| 62 | A16.1A604 | Metode Penulisan Ilmiah Film 2 | 3 | 3 |
| 63 | A16.3105 | Manajemen Produksi Film 2 | 3 | 3 |
| 64 | A16.3104 | Desain Sound 2 | 2 | 3 |
| 65 | A16.23006 | Riset Media dan Khalayak | 3 | 3 |
| 66 | A16.3106 | Tata Artistik Film 2 | 3 | 3 |
| 67 | A16.4104 | Manajemen Acara | 3 | 4 |
| 68 | A16.1A209 | HaKI & Regulasi Perfilman-Penyiaran | 2 | 4 |
| 69 | A16.1A406 | Etnografi Foto dan Film | 3 | 4 |
| 70 | A16.4103 | Riset Film 3 | 3 | 4 |
| 71 | U201701 | Dasar Kewirausahaan | 2 | 4 |
| 72 | A16.4102 | Teknik Pemutaran Film | 3 | 4 |
| 73 | A16.4105 | Tata Suara Pemutaran Film | 3 | 4 |
| 74 | A16.4101 | Desain Program Pemutaran Film | 3 | 4 |
| 75 | A16.4106 | Strategi Promosi Film | 3 | 4 |
| 76 | A16.24005 | Restorasi Mitos | 3 | 4 |
| 77 | A16.24004 | Produksi Film Kecerdasan Buatan | 3 | 4 |
| 78 | B11.6405 | Pemasaran Digital | 3 | 4 |
| 79 | A16.24006 | Penceritaan Film Televisi | 3 | 4 |
| 80 | A16.1A508 | Desain Brand | 3 | 4 |
| 81 | A16.24003 | Grafik dan Efek Visual | 3 | 4 |
| 82 | AF201702 | Literasi Informasi | 2 | 4 |
| 83 | A16.1A401 | Desain Produksi | 3 | 4 |
| 84 | A16.1A603 | Desain Eksibisi Film | 3 | 4 |
| 85 | A15.21403 | Pengelolaan Konten Digital | 3 | 4 |
| 86 | A16.24001 | Produksi Studio | 3 | 4 |
| 87 | A16.1A207 | Penulisan Kreatif Persuasif | 2 | 4 |
| 88 | A16.4107 | Strategi Promosi Film | 3 | 4 |
| 89 | A16.25005 | Penyutradaraan Program Digital | 3 | 5 |
| 90 | A16.25007 | Desain Sound | 2 | 5 |
| 91 | U201703 | Kewirausahaan Lanjut | 2 | 5 |
| 92 | A16.1A303 | Film Dokumenter Jurnalistik | 3 | 5 |
| 93 | A16.1A704 | Context Study | 3 | 5 |
| 94 | A16.1A503 | Teknik Kepengarangan Film | 3 | 5 |
| 95 | A16.5105 | Teknik Presentasi | 3 | 5 |
| 96 | A16.5104 | Manajemen Kerja Videografi | 3 | 5 |
| 97 | A16.5103 | Desain Produk | 3 | 5 |
| 98 | A16.5101 | Metode Riset Produk 1 | 3 | 5 |
| 99 | A16.5102 | Desain Konten Videografi | 3 | 5 |
| 100 | A16.25001 | Cinema Obscura Practice | 3 | 5 |
| 101 | A16.1A204 | Analisa Film 1 | 2 | 5 |
| 102 | A16.25002 | Autoetnografi Film | 3 | 5 |
| 103 | A16.1A103 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | 5 |
| 104 | A16.25003 | Craftmanship Film | 3 | 5 |
| 105 | A16.1A104 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | 2 | 5 |
| 106 | A16.25004 | Industri Media | 3 | 5 |
| 107 | A16.1A404 | Studio 1 | 3 | 5 |
| 108 | A14.27615 | FOTOGRAFI DESAIN | 3 | 6 |
| 109 | A16.1A607 | Pasar Film | 3 | 6 |
| 110 | N201707 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 6 |
| 111 | A16.1A701 | Film dan Teater Indonesia | 3 | 6 |
| 112 | N201701 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 |
| 113 | A16.26001 | Produksi Program Live | 3 | 6 |
| 114 | A16.26003 | Manajemen Konten Digital | 3 | 6 |
| 115 | A16.1A703 | Membaca Film Asia | 3 | 6 |
| 116 | A16.26004 | Program Pemutaran Film | 3 | 6 |
| 117 | A16.26005 | Inkubasi Produk Media | 3 | 6 |
| 118 | A16.1A304 | Analisa Film 2 | 2 | 6 |
| 119 | A16.26006 | Pratika Pemutaran Film | 3 | 6 |
| 120 | A16.26007 | Artikel Ilmiah | 2 | 6 |
| 121 | A16.1A602 | Membaca Film Eropa | 3 | 6 |
| 122 | A16.6101 | Metode Riset Produk 2 | 3 | 6 |
| 123 | A16.6102 | Programasi Film Komersial | 3 | 6 |
| 124 | A16.6103 | Manajemen Operasional Eksibisi | 3 | 6 |
| 125 | A16.1A605 | Film Dokumenter Indonesia | 3 | 6 |
| 126 | A16.6104 | Bisnis Pemutaran Film | 3 | 6 |
| 127 | A16.6105 | Tata Rupa Eksibisi | 3 | 6 |
| 128 | A16.7107 | Bimbingan Karier | 2 | 7 |
| 129 | A16.7103 | Manajemen Kerja Visual | 3 | 7 |
| 130 | A16.7104 | Manajemen Kerja Penyutradaraan | 3 | 7 |
| 131 | A16.1A702 | Teknik Multilayer Filmmaking | 3 | 7 |
| 132 | A16.7105 | Manajemen Kerja Sound | 3 | 7 |
| 133 | A16.1A302 | Film Sound | 3 | 7 |
| 134 | A16.7102 | Production Designer | 3 | 7 |
| 135 | A16.7101 | Metode Riset Produk 3 | 3 | 7 |
| 136 | A16.1A706 | Teknik Pemasaran Eksibisi Film | 3 | 7 |
| 137 | A16.27001 | Magang Industri | 4 | 7 |
| 138 | A16.27002 | Bimbingan Karir | 3 | 7 |
| 139 | A16.1A506 | Studio 2 | 3 | 7 |
| 140 | A16.27004 | Workshop Film dan Televisi | 3 | 7 |
| 141 | A16.1A601 | Analisa Film 3 | 2 | 7 |
| 142 | A16.27003 | Project Development | 3 | 7 |
| 143 | A16.1A708 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
| 144 | A16.7106 | Kuliah Kerja Industri | 4 | 7 |
| 145 | A16.1A606 | Film dan Sastra Indonesia | 3 | 7 |
| 146 | A16.1A802 | Tugas Akhir | 6 | 8 |
| 147 | A16.1A801 | Seminar / Pitching Karya | 3 | 8 |
| 148 | A16.1A705 | Teknik Pemasaran Produksi Film | 3 | 8 |
| 149 | A16.28002 | Tugas Akhir | 6 | 8 |
| 150 | A16.28001 | Pitching Produksi Film / Televisi | 3 | 8 |


