Jalin silahturahmi antar seluruh civitas akademika, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar Halalbihalal yang diikuti sekitar 700 karyawan dari berbagai divisi. Halalbihalal juga menjadi acara puncak dalam Gema Ramadhan 1440 H. 

 

Bertempat di Wisma Perdamaian, seluruh civitas akademika Udinus saling bersilahturahmi dan saling berjabat tangan satu dengan lainnya. Kegiatan yang merupakan acara tahunan tersebut mengambil tema yakni 'Menata Hati untuk Menggapai Diri yang Ikhlas dan Suci'.

 

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom mengucapkan pemohonan maaf kepada seluruh staf dan berharap agar momen Halalbihalal menjadi ajang saling memaafkan satu sama lain. "Ini menjadi ajang untuk saling memaafkan satu sama lain  antar civitas akademika Udinus. Acara ini diikuti sekitar ratusan karyawan dari petugas parkir hingga Wakil Rektor semua hadir berkumpul dan membaur dalam Halalbihalal ini," ujar Rektor Udinus. 

 

Akademisi yang juga didaulat menjadi pengisi siraman rohani, menjadi inti acara di Halalbihalal Udinus 1440 H, Dr. Fahrurrozi, M. Ag mengingatkan  puasa bukan untuk sebagai ajang untuk diet dan bukan masalah fisik namun masalah rohani. "Puasa itu aspek rohaniahnya luar biasa. Setiap orang memiliki posisinya masing-masing, tidak perlu merasa iri dengan yang lain karena setiap manusia memiliki porsi diri kita sendiri," paparnya.

Halalbihalal juga dihibur oleh band dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Udinus dan diakhiri dengan saling bermaaf-maafan.

 

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, MSi mengungkapkan acara Halalbihalal ini merupakan tradisi Udinus setelah melaksanakan libur lebaran. Ia berharap dengan saling bersalaman dan memaafkan, kinerja para dosen dan karyawan bisa meningkat dan mampu terus mengangkat nama Udinus di kancah nasional maupun internasional. “Ini sudah jadi tradisi usai libur lebaran. Kami saling bersalaman dan memaafkan, dengan begitu berarti tidak ada lagi masalah di antara kita," tutup Agus Tri. (*Humas Udinus/lex/AT. Foto : Alex Devanda)