SWARA DIAN UDINUS BANGUN KEMBALI BUDAYA LOKAL DENGAN LOMBA SIARAN RADIO


 SWARA DIAN UDINUS BANGUN KEMBALI BUDAYA LOKAL DENGAN LOMBA SIARAN RADIO

Radio Swara Dian Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan ajang bagi murid SMA dan juga mahasiswa menampilkan bakat siaran radio. Lomba Siaran Radio tersebut diikuti oleh 48 tim yang berlangsung di ruang Auditorium gedung H lantai 7 Udinus, Selasa (28/01/2020).

 

Lomba tahunan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Tahun ini, yang diusung yaitu ‘Bangun Semangat Muda Dengan Ragam Budaya’. Setiap tim terdiri dari dua orang dan penjurian dilakukan oleh tiga juri. Mereka adalah Idana Zulfa selaku Announcer Radio Swara Semarang, Tegar Bramasto selaku announcer Trax FM Semarang, serta Grace Cantona selaku Announcer Sonora FM Semarang.

 

Dirgahayu Merry Agustina, selaku ketua pelaksana lomba berharap dapat mengangkat kembali budaya Indonesia. Sesuai dengan temanya, untuk membangun semangat para milenial untuk mengembangkan potensi budaya lokal mereka. “Selama ini budaya seakan disingkirkan dan tidak terlalu diangkat, jadi kami di sini berhadap dapat mengangkat kembali budaya lokal yang ada,” ungkap Merry yang juga merupakan mahasiswa Ilmu komunikasi Udinus.

 

Salah satu peserta mahasiswa bernama Salsabyla Aulia mengungkapkan bahwa persiapan yang ia lakukan pada perlombaan ini sudah cukup matang. Dengan pengalamannya di beberapa lomba menjadi bekal utama untuk tampil di depan juri. “Di setiap lomba itu pasti ada juri yang berkomentar, dan komentar itulah yang menjadi evaluasi saya selama ini. Dengan mengikuti ajang lomba seperti ini, kelak saya ingin siaran di radio komersil,” ungkapnya.

 

Swara Dian merupakan komunitas yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik Udinus. Radio Swara Dian dapat didengar setiap hari di lingkungan Udinus pada saluran 107.2 FM.

 

Sementara itu, Tegar selaku juri dan juga Stand Up Comedian Semarang mengungkapkan bahwa antusias dari peserta cukup tinggi. Ada juga beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh juri. “Kriteria dari kami seperti kesesuaian konten dengan temanya, ada juga teknik-teknik siar yang digunakan oleh peserta. Semoga dengan adanya ajang ini para peserta mendapat bekal untuk terjun langsung ke dunia siar radio,” tegasnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Haris Rizky)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)