DINUS CHESS COMPETITION 2023, ROCAKU TURUT UJI PESERTA LOMBA


DINUS CHESS COMPETITION 2023, ROCAKU TURUT UJI PESERTA LOMBA

Dinus Chess Competition kembali meriahkan kegiatan Dinus Festival, dengan diikuti oleh kurang lebih 173 peserta baik dari pemain pemula hingga profesional. Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU) juga turut menguji para peserta yang hadir dalam ajang tersebut, pertandingan catur cepat pun dilakukan secara serentak di Aula gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, pada Minggu 22 Januari 2023.

Perlombaan yang digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Udinus itu memang menjadi sorotan tersendiri. Pasalnya banyak peserta tingkat nasional seperti Internasional Master (IM) hingga Grand Master (GM) ikut bertanding dalam ajang tahunan itu. 

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Umum UKM Catur, Surya Wahyu Putra menjelaskan pada pertandingan kali ini menggunakan sistem Swiss dengan 9 kali permainan. Menggunakan model permainan catur cepat, peserta diberikan waktu berpikir 10 menit dan increment 5 detik. Penentuan

“Peserta terlihat antusias karena dapat kembali bermain secara luring di Udinus. Penentuan juara akan diambil dari poin terbanyak, nantinya akan didapatkan 25 pemenang dan Junior U-18 Terbaik,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, GM Novendra merasa senang bisa kembali ke Udinus setelah beberapa waktu lalu melawan Roca-KU. Dapat kembali menguji kemampuannya di ajang skala Nasional melawan pecatur lain dari berbagai tingkat.

“Menurut saya Catur Udinus sudah keren bisa terus mengembangkan Robot Caturnya dan menggelar ajang seperti ini yang bisa diikuti semua pecinta catur,” kata penyandang gelar Grandmaster itu.

Selain GM Novendra, ikut berpartisipasi juga beberapa atlet catur ternama seperti International Master Farid, International Master Ivan Situru dan Ahmad Riziq peraih emas dalam ajang Asian Youth Chess Championship 2022.

Secara simbolis pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M., bersama Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto, M.T., Turut hadir Ketua Pengprov Percasi Kota Semarang, Didik Sakti Aji, S.Kom. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M., berharap melalui ajang ini Udinus dapat menggali bibit-bibit unggul lain. Untuk memperkuat almamater Udinus dan juga kontingen Jawa Tengah maupun Indonesia. Sesuai dengan data, peserta yang ikut dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan masyarakat umum yang ikut juga tersebar dari seluruh penjuru Nusantara.

“Dengan adanya bibit-bibit baru, Udinus akan sangat mengapresiasi mereka. Untuk para atlet yang meraih prestasi di kancah nasional dan internasional akan mendapatkan beasiswa pendidikan,” tutupnya.

Selain olahraga, Dinusfest 2023 juga dimeriahkan oleh perlombaan lainnya dari mulai bidang seni maupun penalaran. Dengan lebih dari 63 kategori lomba, tahun ini Dinus Festival diikuti oleh 5124 peserta. Mereka juga akan dihibur oleh artis ibukota Denny Caknan pada acara closing ceremony pada tanggal 29 Januari 2023 mendatang. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved