Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali hadir dalam ajang Dinusfest 2023. Dinus Rover Scout Competition (DRSC) VI 2023 merupakan lomba yang ditujukan untuk seluruh pramuka penegak tingkat SMA/SMK se-Indonesia. 
 
Kompetisi Dinus Rover Scout Competition bertujuan untuk menjalin silaturahmi pramuka-pramuka penegak yang ada di Indonesia. Serta untuk menyalurkan pengetahuan dan kemampuan kepramukaan yang mereka dapatkan di pangkalan masing-masing. Dinus Rover Scout Competition ini memperlombakan dua jenis cabang lomba yakni Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP), Joget Komando, Desain poster, Sogempram dan Pionering. 
 
Ketua pelaksana lomba DRSC VI, Popy Erlinda Febriani menjelaskan bahwa, tujuan dari ajang DRS tersebut, guna menyalurkan serta mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas anggota Pramuka yang berpangkalan di SMA/SMK sederajat Se-Indonesia. Selain itu,  untuk meningkatkan rasa persaudaraan, menggalang persatuan, menambah pengalaman dan pengetahuan, serta meningkatkan rasa patriotisme Pramuka Penegak di wilayah Indonesia.
 
“DRSC kali ini terdapat berbagai kategori lomba yang dapat dipilih oleh para peserta,”ujar Popy . 
 
Ia pun berharap melalui beberapa mata lomba yang diadakan oleh UKM Pramuka, dapat membantu para peserta untuk menambah prestasi, ilmu serta dapat menyalurkan dan mengembangkan minat dan kreativitas para peserta. 
 
“Kegiatan ini juga dapat memupuk jiwa kepemimpinan dari para peserta. Antusiasme dari peserta juga besar semoga tahun depan dapat semakin banyak pesertanya,” harapnya. 
 
Dinus Rover Scout Competition diadakan pada 23 Januari 2023 dan dilakukan secara luring di Aula Gedung E lantai 3.Dinusfest 2023 juga dimeriahkan oleh perlombaan lainnya dari mulai bidang seni maupun penalaran. Dengan lebih dari 63 kategori lomba, tahun ini Dinus Festival diikuti oleh 5124 peserta. Mereka juga akan dihibur oleh artis ibukota, Denny Caknan pada acara closing ceremony pada tanggal 29 Januari 2023 mendatang.
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang sekaligus UKM Pramuka, Dr. Kusni Ingsih M.M., menyampaikan bahwa Dinus Festival sebagai ajang para siswa SMA dan sederajat untuk unjuk diri dan bersaing secara sportif. Selain siswa SMA juga terdapat peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. 
 
“Setiap peserta pastinya akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam perlombaan atau kompetisi. Disinilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Kami juga telah siapkan hadiah dan beasiswa bagi pemenang lomba,” kata Wakil Rektor III Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)