Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) 2023. Kegiatan itu membahas tentang leadership dan diikuti oleh 131 mahasiswa di FIK.

LKMMTD merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan untuk melatih keterampilan mahasiswa dan berlangsung pada 4-5 Februari 2023.  Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ‘Self Leadership and Capability’. Sebelum menuju Villa Pinus Kenteng Salatiga, Kopeng, agenda diawali dengan seminar yang berlangsung di Gedung E lantai 3 Udinus Semarang.

Dalam materinya didepan para peserta, Wakil Dekan FIK, Dr. Ahmad Zainul Fanani S.Si, M.Kom menyampaikan bahwa pemimpin yang sukses ialah pemimpin yang berhasil memberikan pengaruh baik untuk orang lain dan organisasinya. Seorang pemimpin juga harus bisa mengenali karakter dirinya sendiri dan orang-orang yang terlibat dalam suatu organisasi. Kemampuan berkomunikasi dan menjaga emosi juga diperlukan.

“Cara komunikasi orang memang berbeda-beda, yang penting seorang pemimpin bisa mengomunikasikan sesuatu secara baik kepada orang lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana LKMMTD 2023, Shabrina khairu Zaida berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas SDM mahasiswa FIK, sehingga dapat menjadi pemimpin yang baik untuk masa depan.

“Nantinya, peserta juga akan dididik untuk menyelesaikan permasalahan secara profesional dan komunikatif. Jadi, setelah kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjadi lebih baik, profesional, dan memiliki skill problem solving yang baik,” harapnya.

Pada seminar itu, para mahasiswa antusias dalam mendengarkan setiap materi yang diberikan oleh panitia. Para peserta pun juga dibagi dalam kelompok kecil yang beranggotakan 10-15 peserta. Setiap kelompok diminta untuk saling berdiskusi dan menentukan pemimpin didalam kelompok tersebut. Setelah itu, pemimpin yang telah ditunjuk oleh kelompoknya masing-masing, wajib menjabarkan hasil diskusinya terkait jenis kepemimpinan yang cocok diterapkan dalam organisasi.

Seminar yang berlangsung kurang lebih 4 jam tersebut juga dihadiri oleh  Staff ahli Walikota Semarang, Suwarto S.E .M.Ta dan Sekretaris BKPP Kota Semarang, Sutarni S.H., M.A.P yang turut memberikan materinya kepada seluruh peserta.

Terpisah, salah satu peserta LKMMTD dari Prodi S-1 Ilmu Komunikasi angkatan 2022, Devi Septi mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dikarenakan ia bisa mendapat banyak pengetahuan baru dan dapat memperluas jangkauan relasi.

“Kegiatan LKMMTD ini seru dan menyenangkan. Aku dapat materi yang bermanfaat dan relate juga untuk kehidupan mahasiswa. Enggak cuma materi, aku juga dapat banyak teman baru dari prodi lain dan angkatan atas,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)