Akreditasi menjadi acuan bagi program studi untuk semakin dipercaya oleh masyarakat umum, hal itulah yang terus dipacu oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk terus ditingkatkan. Terbaru, Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus dapatkan akreditasi Unggul dari Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi  Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).
 
Akreditasi Unggul yang disematkan di Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus oleh (LAM-PTKes), tercantum dalam sertifikat akreditasi dengan nomor 0151/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2023. Pada sertifikat akreditasi tersebut menyatakan bahwa Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus berhak menyandang status unggul berlaku hingga 24 Februari 2028.
 
Dalam keterangannya, Ketua Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus, Dr. Drs Slamet Isworo MKes., menyatakan bahwa akreditasi unggul yang diraih sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas dari Prodi menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Kualitas dan mutu akan terus dipacu agar tetap menjaga kualitas akreditasi kedepannya. Ungkapnya, bahwa Prodi S-1 Kesehatan lingkungan Udinus beberapa waktu lalu juga telah melakukan visitasi yang dihadiri dua asesor dari LAM-PTKes.
 
“Akreditasi yang diraih ini bukan menjadikan kami berpuas diri, kami akan terus meningkatkan kualitas prodi dari segi akademik maupun fasilitas lainnya. Tidak hanya itu, kualitas lulusan hingga pengajar dan berbagai aspek lainnya juga akan terus ditingkatkan,” jelasnya.
 
Secara terpisah, Dekan Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus, Enny Rachmani, SKM., M.Kom., Ph.D berbangga dengan akreditasi yang diraih oleh Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus. Indeks Kinerja Utama (IKU) dari setiap Prodi terus diperhatikan dan dijaga kualitasnya, seperti menjaga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari sisi jenjang pendidikan dan kepangkatan.
 
Pihaknya juga terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Udinus, khususnya Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan. Ditargetkan, beberapa tahun selanjutnya, lulusan prodi tersebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat umum. 
 
 “Kami juga bangga dengan capaian Unggul dari Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus. Saat ini, kami terus berproses agar prodi-prodi lainnya di bawah naungan FKES Udinus mampu meraih akreditasi Unggul, dapat menghasilkan lulusan yang bersaing mampu bersaing hingga skala internasional” harap Dekan FKES Udinus.
 
Tercatat, sudah dua prodi yang mengantongi akreditasi Unggul dibawah naungan Fakultas Kesehatan Udinus. Yakni Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus dan Prodi D-3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Udinus.
 
Berbagai fasilitas telah dimiliki oleh Prodi S-1 Kesehatan Lingkungan Udinus sebagai sarana penunjang perkuliahan mahasiswa. Fasilitas yang diberikan seperti laboratorium kesehatan lingkungan, laboratorium epidemiologi, laboratorium proporsi kesehatan, serta laboratorium komputer dan bahasa. (Humas Udinus/Haris. Ilustrasi: Humas Udinus)