Puluhan organisasi mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang maupun Kediri, diberikan workshop mengenai kegiatan Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK-Ormawa). Kegiatan itu dilangsungkan secara hybrid, dimana para Ormawa Udinus Semarang melakukan workshop di Gedung H lantai 1, sedangkan Ormawa dari Udinus Kediri mengikuti secara online.

Workshop yang dilangsungkan pada Jumat lalu (3/3), menghadirkan reviewer yang telah ahli dalam kegiatan PPK Ormawa, yakni Ir. Mintarti, M.Si. Turut hadir pula, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM, Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr Rindra Yusianto S.Kom, MT dan  tim kemahasiswaan dari berbagai fakultas.

Reviewer PPK-Ormawa, Ir. Mintarti, M.Si menjelaskan bahwa workshop adalah sebagai ruang diskusi dan pemecahan masalah sekaligus menjabarkan visi misi dari program PPK-Ormawa. selain itu juga, membedah proposal-proposal dari para mahasiswa.  Melalui workshop, diharapkan para mahasiswa dapat memahami pentingnya kegiatan PPK-Ormawa dan menanamkan ‘roh’ dalam kegiatan pengabdian masyarakat ke desa.

“kami harap proposal-proposal yang dibuat sesuai dengan standar dan sesuai dengan panduan bahkan diatas panduan yang telah ditetapkan ya. Kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa kami harap tidak berhenti setelah penghargaan PPK-Ormawa kemarin, tetapi dapat terus berlanjut,” jelasnya.  

Pada saat ini,  proposal PPK-Ormawa yang telah masuk, terdapat 24 proposal dengan rincian 21 dari Ormawa Udinus Semarang dan 3 dari Ormawa Udinus Kediri. Total proposal tersebut, terdapat 16 topik PPK-Ormawa  yang akan di upload dalam waktu dekat.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr Rindra Yusianto S.Kom, MT menargetkan terdapat peningkatan proposal yang didanai dari tahun 2022 lalu, berjumlah 5 proposal. Melalui workshop seperti ini, para mahasiswa diberikan panduan-panduan dan kriteria yang harus dicapai dalam setiap proposal yang mereka akan buat.

“Kami targetkan ada peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya, kami targetkan terdapat 10 proposal yang didanai. Seluruh sivitas akademika Udinus memberikan dukungan penuh terhadap semua ormawa yang mengikuti PPK-Ormawa,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex)