Semakin canggihnya perkembangan teknologi, semakin banyak pula penemuan-penemuan baru setiap harinya. Sebagai upaya mewadahi inovasi teknologi dari para developer, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar HI-Technology 2023. Acara ini berlangsung pada 13-14 Maret 2023 di gedung H lantai 1 dan 2 Udinus Semarang.

Tema yang diusung pada HI-Technology 2023 adalah ‘Never Stop Exploring Technology’. Terdapat 15 tim dengan setiap timnya berisikan dua hingga tiga orang yang berpartisipasi dalam pameran software dan hardware. Pada pameran tersebut, terdapat beragam karya dari para developer mulai dari website, aplikasi, hingga perangkat keras.

Ketua pelaksana HI-Technology 2023, Yudha Mulyana menyampaikan dalam kegiatan tersebut tidak hanya diisi oleh pameran saja, namun terdapat juga open talk atau seminar bersama narasumber unggul di bidangnya. Mengusung tema ‘Become a Future Developer of Technology’ hadirkan Founder KodingWork, Ariaseta Setia Alam, sebagai pembicara dalam seminar itu.

“Setelah sesi open talk, akan dipilih 5 besar dari pameran untuk dipresentasikan. Jadi akan tetap ada penilaian untuk karya dari tim developer,” lanjutnya.

Yudha juga menyebutkan bahwa acara ini merupakan acara rutin setiap tahunnya. Setelah tahun kemarin diadakan secara online karena pandemi, tahun ini merupakan tahun perdana HI-Technology dilakukan secara offline. Indra berharap, ke depannya publikasi event Udinus bisa semakin luas sehingga semakin banyak peserta yang berpartisipasi.

“Selain dari Udinus, juga ada tim yang berasal dari Perguruan Tinggi dan SMK 7 Semarang. Kami terbuka mewadahi tim developer untuk mendapatkan publikasi karya mereka sehingga produk yang dihasilkan dapat dikenal khalayak luas,” ujarnya.

Ditemui di lokasi pameran, Arbian Indra dari SMK 7 Semarang mengaku senang dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan HMTI Udinus itu. Ia merupakan ketua tim yang menciptakan ‘grobague’, yaitu aplikasi yang memudahkan penyewaan gerobak untuk pelaku UMKM menemukan penyedia jasa sewa gerobak.

“Awalnya gugup karena pertama kali ikut kegiatan pameran software semacam ini dan peserta lainnya mahasiswa. Tapi, lama-lama seru karena panitia HMTI Udinus ramah dan sangat membantu kami. Banyak pengalaman baru yang didapat dari kegiatan ini,” tutupnya.(Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)