Berlatih dengan gigih menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk menciptakan atlet-atlet yang terampil dalam suatu bidang olahraga. Karena itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berkesempatan mengikuti coaching clinic bersama Indonesia Patriots yang merupakan Tim Nasional Bola Basket Indonesia.

Kegiatan yang mengusung nama ‘Coaching Clinic with Indonesia Patriots’ itu bertempat di Nakula Basketball Court, pada Selasa, 14 Maret 2023. Diikuti oleh oleh mahasiswa Udinus yang tergabung dalam UKM Bola Basket Udinus. Dalam kegiatan itu, mereka dilatih langsung oleh pemain dari tim Indonesia Patriot.

Ketua UKM Bola Basket Udinus, David Ferdianto mengungkapkan coaching clinic ini merupakan kegiatan yang spesial. Adanya pelatihan ini dikarenakan UKM Bola Basket mendapat penawaran langsung dari pihak Indonesian Basketball League (IBL) yang saat ini sedang menggelar seri kejuaraannya di Kota Semarang.

“Ini termasuk kegiatan coaching clinic pertama kami dengan IBL. Tidak hanya berkesempatan untuk latihan secara langsung, ada juga sesi sharing dari tim patriot dan banyak sekali wawasan berharga yang kami dapatkan,” ungkapnya.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, David berharap individual dan team skill dari seluruh anggota UKM Bola Basket Udinus semakin terasah. Ia berharap kegiatan ini dapat benar-benar dimaksimalkan untuk latihan dan menambah ilmu. Baik dari tim inti, maupun anggota biasa.

“Baik tim inti maupun anggota biasa kami tetap support satu sama lain, yang membedakan hanya kewajibannya. Kalau anak tim memang spesifikasinya untuk mewakili lomba yang mewakili nama Udinus di ajang Bola Basket,” jelasnya.

Salah satu pelatih Timnas Indonesia Tyler Arturo Farias, dalam pelatihan itu memberikan banyak arahan kepada mahasiswa Udinus. Ia juga memberikan beberapa gerakan-gerakan yang diharapkan mampu memperluas pandangan pemain ketika bertanding di turnamen nanti.

“Coaching clinic sebagai salah satu rasa terima kasih kami kepada Udinus yang sudah memberikan fasilitas lapangan bola basket di Udinus Sports Center (USC) untuk beberapa tim IBL berlatih,” tutupnya.

Selain itu, turut hadir dan ikut bermain beberapa pemain timnas seperti Justin Wiyanto, Erick Ibrahim, Mohammed Aymane, dan Serigne Modou Kane  yang merupakan pemain dari Indonesia Patriots. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)