Program Studi (Prodi) S-1 Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan ditunjuk kembali sebagai tuan rumah untuk pelaksanaan Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Kegiatan itu rencananya akan diselenggarakan pada awal Juli 2023 mendatang dan terbuka untuk umum bagi peserta dalam maupun luar negeri.

Prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus tersebut memang telah rutin menjadi tuan rumah JLPT wilayah Jateng. Prodi S-1 Sastra Jepang tersebut telah rutin menyelenggarakan JLPT sejak tahun 2017 lalu. Japanese Language Proficiency Tes (JLPT) sendiri merupakan ujian sertifikasi internasional kemampuan bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh pemerintah Jepang melalui badan yang disebut Japan Foundation. Ujian dari tes tersebut, diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia pada hari Minggu di tiap awal bulan Juli dan Desember setiap tahunnya.

Ketua kegiatan JLPT Udinus seklaigus dosen di Prodi S-1 Sastra Jepang, Tri Mulyani Wahyuningsih SS., M.Hum mengatakan bahwa penyelenggaraan tes JLPT di Udinus, akan diselenggarakan pada 2 Juli 2023 mendatang. Jelasnya, pendaftaran ujian hanya dilakukan secara online mulai hari Senin, 27 Maret 2023 sampai dengan hari Kamis 30 Maret 2023.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran hanya berlangsung satu hari di hari pertama pembukaan.  Selain itu, peserta dari dalam maupun luar negeri dapat mendaftar tes JLPT tersebut.

“Informasi mengenai pendaftaran dapat diperoleh di https://jlptonline.or.id/  dan dapat melihat melalui kanal youtube The Japan Foundation, Jakarta. Kapasitas untuk peserta di Semarang hanya dibatasi 1500 peserta,” jelasnya.

Tri Mulyani menambahkan bahwa pada JLPT tersebut diujikan beberapa kemampuan yakni  penguasaan kosakata dan aksara Kanji (Vocabulary & Kanji), Tata Bahasa dan Membaca (Grammar & Reading Comprehension), dan terakhir kemampuan Menyimak (Listening). Sementara agar dapat lulus, minimal skor yang dibutuhkan adalah 80 poin dari total 100 poin.

“Secara umum, manfaat sertifikat JLPT dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di Jepang ataupun di perusahaan Jepang di manapun. Sertifikat itu juga bisa untuk studi lanjut di Jepang, serta untuk melamar magang di Jepang,” tambahnya.

Pada tes JLPT, terdapat beberapa level tingkatan  dari level tertinggi (N1) sampai dengan level terendah (N5). Kata N didepan angka satu sampai lima, merupakan kepanjangan dari Noryokushiken, yang berarti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang.

Di Indonesia sendiri ujian ini dilaksanakan di 9 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Makassar, Palembang, Malang, dan Semarang. Udinus menjadi salah satu yang ditunjuk untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)