Prestasi baru kembali ditorehkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui ajang ‘Internasional Karate Campionship Sebelas Maret Cup XII 2023’. Dalam kegiatan tersebut, UKM Karate Udinus berhasil memperoleh 4 medali sekaligus.
 
Kejuaraan yang diselenggarakan oleh salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Surakarta itu, berlangsung pada tanggal 16-19 Maret 2023, bertempat di gor Fakultas Keolahragaan universitas penyelenggara. Dalam kejuaraan itu atlet Udinus bersaing dengan kurang lebih sebanyak 400 peserta. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari kontingen luar negeri seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan beberapa asia tenggara lainnya. 
 
Dalam ajang tersebut, Udinus berhasil meraih 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. Kedua medali emas disabet oleh dua mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus yakni Getta Shafada Aryadilana pada kelas kumite putra +84 kg dan Hera Inandha pada kelas kumite putri +68 kg putri. Selain mendapatkan medali emas, Hera juga dinobatkan menjadi juara Best Of The Best putri. Sementara itu, Getta juga berhasil meraih juara 2 kumite beregu putra.
 
Tidak hanya itu, medali perak lainnya juga diraih oleh Muhammad Wafi Rohman dari Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus, Arya Hasta Pradana dari prodi S-1 Manajemen Udinus, Kiansantang Atmaja Nagara Assyahiid dari prodi S-1 Manajemen Udinus, Ravi Firman Dwirahma dari prodi S-1 Manajemen Udinus, dan Renditya Hikmal Aryantara dari prodi S-1 Kesehatan lingkungan Udinus yang masih berada dalam kategori yang sama, yakni kumite beregu putra. Sementara itu, medali perunggu ditorehkan oleh Laila Nurul Humairoh dari prodi S-1 Manajemen Udinus sebagai juara 3 kategori kumite putri. 
 
Keberhasilan tim dalam kejuaraan tersebut tidak lepas dari ketekunan latihan selama persiapan. Tim Karate Udinus melakukan persiapan dengan latihan rutin melalui training center mandiri di Udinus Sport Center (USC). Hal itu disampaikan oleh ketua UKM Karate Udinus, sekaligus peraih medali emas dan juara best of the best putri, Hera Inandha. 
 
“Selain itu, kami juga menyerap dengan baik ilmu yang diberikan dari pelatih. Pada saat perlombaan, kami yakin pada kemampuan masing-masing bahwa sebagai perwakilan Udinus, dan mampu bersaing dengan yang lain,” jelasnya.
 
Pelatih UKM Karate Udinus, Coach Apri senantiasa menemani dan membimbing mereka untuk latihan dengan giat. Beliau ikut merasa senang dan bangga atas kemenangan yang diraih oleh para atlet karate Udinus.
 
“Meskipun hanya mengirimkan 10 atlet, Udinus berhasil meraih juara umum 2 mengalahkan universitas-universitas lain yang rata-rata mengirimkan 20 hingga 40 atlet. Kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras mereka selama ini,” ucapnya.
 
Coach Apri dan para atlet karate Udinus menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Udinus atas fasilitas dan dukungan yang luar biasa. Terutama kepada Biro Kemahasiswaan (BIMA) yang selalu memberikan bimbingan di setiap langkah yang diambil.
 
“Semoga ke depannya Udinus selalu memberikan dukungan kepada para atlet yang akan berjuang mewakili kampus,” harapnya.
 
Menanggapi pencapaian tersebut, Kepala Biro Kemahasiswaan, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., mengucapkan selamat kepada seluruh atlet atas prestasi tersebut. Untuk prestasi di tingkat nasional dan diatasnya, Udinus selalu memberikan reward berupa beasiswa.
 
“Baik prestasi akademik, maupun non-akademik itu sama-sama penting dan memiliki reward masing-masing. Semoga semakin banyak prestasi-prestasi baru yang turut mengharumkan nama Udinus,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)