Food Diary Edisi khusus Ramadhan hadirkan Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan bagikan tips trik memasak kepada mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). 

Dalam segmen tersebut, Mbak Ita sapaan akrab Walikota Semarang mengajarkan bagaimana menyajikan memasak menu berbuka puasa yang bergizi, sehat dan tentunya lezat. Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., turut hadir dan menyaksikan kemampuan memasak dari Walikota Semarang dalam membuat hidangan Sop Iga.

Mahasiswa D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, Nur Fajrin juga turut membantu Mbak Ita dalam menyiapkan hidangan tersebut. Segmen Food Diary kali ini, diselenggarakan di Ruang Laboratorium D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus.

Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam wawancaranya mengatakan bahwa program Food Diary yang digagas oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus sangat menjanjikan karena di Kota Semarang. Selain itu, juga sesuai dengan visi dan misi dari Kota Semarang yakni terkait dengan perdagangan dan jasa. Ia pun memuji kualitas dari mahasiswa Udinus khususnya Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus, telah memiliki keahlian dalam memasak dan tentunya diajarkan dalam berwirausaha di bidang kuliner.

“Anak muda milineal saat ini tentunya juga harus bisa memasak dengan menu yang sehat dan penuh gizi dan tentunya mahasiswa Udinus telah memiliki kemampuan itu. Apalagi Udinus juga mengajarkan kewirausahaan dan hal itu menjadi modal berharga bagi mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum., memberikan penjelasan, FIB Udinus telah membekali mahasiswa dengan ilmu wirausaha  dan sesuai dengan visi misi dari Udinus.  Menurutnya, berbagai program-program khas untuk wirausaha di bidang kuliner telah diciptakan untuk merangsang kreativitas mahasiswa dibidang kewirausahaan. Salah satunya yakni Foodpreneurship, dimana mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan mampu memuat suatu makanan yang khas dan tentunya mereka harus mampu menjualnya kepada konsumen.

“Program seperti Food Diary hingga foodpreneurship menjadi peluang yang sangat besar bagi mahasiswa Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus khususnya di bidang makanan. Dengan kehadiran Walikota Semarang memberikan motivasi kepada para mahasiswa Udinus,” tegasnya.

Food Diary menjadi program yang digagas oleh Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan bekerja sama dengan TVKU. Prodi tersebut menjadi salah satu prodi dibawah naungan FIB Udinus.

Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., berterima kasih kepada Walikota Semarang yang telah meluangkan waktunya untuk datang dan memasak bersama dengan mahasiswa Udinus. Menurut Prof. Edi, lulusan dari Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus sangat dibutuhkan oleh hotel-hotel di Indonesia.

“Ilmu-ilmu yang ditularkan oleh Walikota Semarang diharapkan mampu memberikan ilmu yang berharga bagi para mahasiswa Udinus. Selain itu, kehadiran Mbak Ita menjadi bukti bahwa kualitas dari Prodi D-4 Pengelolaan Perhotelan Udinus sangat luas biasa,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)