Sebagai upaya bangkitnya perekonomian bangsa usai pandemi, Mahasiswa Prodi D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ikuti ‘Sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Sub Sektor Animasi’. Pada kegiatan yang diikuti oleh umum, pelajar, mahasiswa, hingga pegawai industri itu, seluruh peserta dari Udinus pun berhasil lulus dalam partisipasinya tahun ini.
 
Sertifikasi tersebut difasilitasi oleh Direktorat Standarisasi Kompetensi Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dihadiri langsung oleh Lina Verawati dari Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda serta Direktur LSP Animedia, Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel King’s Kudus, Jawa Tengah, pekan lalu. 
 
Dalam sambutannya,  Dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom., menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi tersebut telah disetujui oleh Kemenparekraf dan Kudus terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara. Jelasnya kota itu dipilih karena memiliki salah satu studio animasi terbesar di Jawa Tengah yakni Studio RUS Animation, dan juga landmark yang menarik yaitu Menara Kudus. 
 
“Kegiatan ini sebagai tanda mulai bangkitnya perekonomian bangsa usai terkena pandemi selama kurang lebih 2 tahun. Kami berharap di tahun 2023 Indonesia dapat bangkit kembali melalui ekonomi kreatif,” jelas Ruri yang juga merupakan Kaprodi D-4 Film dan Televisi Udinus itu. 
 
Dari total 50 peserta yang mengikuti sertifikasi, 22 diatanyanya mengambil skema 3D Low Poly Artist. Sedangkan 28 peserta lainnya mengambil skema 3D Illustration Artist. Sertifikasi adalah salah satu bukti bahwa seseorang memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus.
 
Ekonomi kreatif tak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. SDM harus terus mengasah kreativitasnya dalam pengembangan ekonomi kreatif. Instansi maupun akademik menjadi salah satu tombak utama yang dapat menjaga kualitas SDM menjadi lebih baik, kompetitif, dan berkompeten sehingga dapat bersaing hingga di ranah internasional. 
 
“Melalui uji kompetensi yang ada di sertifikasi kali ini menjadi salah satu cara untuk mewujudkan SDM yang memadai dan bergaya sains global,” tambah Ruri. 
 
Kaprodi D-4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom., turut bangga dengan lulusnya semua mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ungkapnya, puluhan mahasiswa Prodi D-4 Animasi Udinus turut berpartisipasi untuk ikut mewujudkan ekonomi kreatif. 
 
“Hasil ini menjadi salah satu capaian tersendiri bagi Prodi D-4 Animasi Udinus, membuktikan bahwa lingkup akademik mampu melahirkan SDM ekonomi kreatif yang berkualitas. Harapannya sertifikasi ini menjadi bekal untuk mahasiswa melangkah ke dunia industri,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)