Kemenangan Tim Nasional Indonesia U-22 di Sea Games 2023 di Kamboja atas Thailand, tak lepas dari kontribusi luar biasa ditunjukkan oleh tiga mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).  Pratama Arhan, Irfan Jauhari, dan Ernando Ari juga berhak atas medali emas di cabang olahraga sepak bola setelah 32 tahun selalu gagal meraih medali tersebut.

Perjuangan luar biasa ditunjukkan oleh ketiga punggawa timnas Indonesia U-22 yang kini menempuh pendidikan di Prodi S-1 Manajemen Udinus. Pada cabang sepak bola pada SEA Games ke 32 di Kamboja, Indonesia berhasil menjadi jawara dan bahkan belum terkalahkan di ajang tersebut. Pada laga final kontra Thailand, Irfan Jauhari, mahasiswa Udinus angkatan 2020 itu, berhasil mencetak gol indah dan mengubah skor menjadi 3-2 pada babak extra time di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja. Gol itulah yang sekaligus membuka keran gol timnas U-22 Indonesia di babak extra time dan berhasil menang dengan skor 5-2.

Kemenangan di laga final itu pun tak lepas dari penampilan apik yang ditunjukkan Ernando Ari dibawah mistar gawang Indonesia. Mahasiswa yang juga menempuh pendidikan di Prodi S-1 Manajemen itu, berhasil menepis beberapa tendangan berbahaya dari pemain Thailand. Walaupun Pratama Arhan tak bermain di laga puncak karena akumulasi kartu, kontribusi dari mahasiswa yang kini sedang menempuh semester 6 di Udinus jangan dianggap remeh. Lemparan ke dalam dari sisi kiri mampu menjadi senjata maut dan mengalahkan vietnam 3-2 di laga semifinal SEA Games 2023 cabor Sepak Bola.

Pemain Timnas Indonesia U-22 yang juga mahasiswa Prodi S-1 Manajemen Udinus, Irfan Jauhari dalam unggahannya mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Ia pun tak menyangka mampu meraih medali emas di SEA Games tahun ini dan mampu mencetak gol di laga krusial.

“Tidak sangka. Terima kasih alhamdulillah, akhirnya setelah 32 tahun bisa emas,” ujar Irfan Jauhari dikutip dari pernyataannya setelah meraih emas SEA Games 2023 di cabor sepakbola.  

Pratama Arhan yang juga mahasiswa Prodi S-1 Manajemen Udinus, dalam statmentnya mengaku senang dan bangga mampu mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di kancah internasional. Ia pun mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh sivitas akademika Udinus yang telah mendukungnya secara total di SEA Games tahun ini.

“Sangat luar biasa dukungan dari Udinus untuk para mahasiswanya termasuk kami yang ada di timnas U-22. Terimakasih untuk dukungannya, Udinus untuk Indonesia ! ,” tegas Pratama Arhan.   

Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST,M.Kom berbangga dengan prestasi dari ketiga mahasiswa Udinus yang membela tim nasional Indonesia dan berhasil meraih medali emas. “Perjuangan Pratama Arhan, Irfan Jauhari dan Ernando Ari bersama punggawa timnas lainnya di kancah SEA Games 2023, patut diacungi jempol dan semangat pantang menyerah,” tegas Pulung.

Ketiga punggawa Timnas U-22 yang kini menempuh pendidikan di Prodi S-1 Manajemen Udinus tersebut tentunya akan mendapatkan apreasiasi yang luar biasa. Apreasiasi yang diberikan tak berupa uang pembinaan, namun berupa beasiswa. Menurut Pulung, saat ini,  Banyak atlet-atlet di cabor sepak bola yang banyak terlupakan begitu saja.

“Kami beri mereka beasiswa tentunya untuk masa depan mereka kedepan. Sepuluh tahun lagi mungkin karir mereka tak secemerlang hari ini, melalui beasiswa ini bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau berwirausaha,” jelasnya.

Kata Pulung dalam wawancaranya, “Rencananya, apresiasi tersebut akan diberikan selepas mereka tiba di Indonesia, dan pulang ke kampus tercinta, Udinus.”

Selain Arhan, Irfan Jauhari, dan Ernando Ari, tidak lama lagi pemain timnas Rio Fahmi juga akan menempuh pendidikan di Udinus. Torehan medali emas di cabor Sepak bola SEA Games tahun ini, mampu menghapus dahaga Indonesia selama 32 tahun lamanya. Medali tersebut juga menjadikan Indonesia bertahan di peringkat tiga SEA Games 2023 dengan torehan 87 medali emas, 80 medali perak dan 126 medali perunggu dengan total 276 medali. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Pribadi)