Dua atlet Taekwondo Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Daffa Fauzan dan Devandra Ferdinand Darmansyah berhasil raih medali, pada ajang ‘3rd Scotland Open Online Poomsae and Speed Kicking Championship’. Dua medali emas itu didapatkan oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, belum lama ini. 
 
Kejuaraan berskala internasional tersebut diselenggarakan secara daring pada bulan Maret 2023 lalu. Kedua punggawa atlet Udinus itu dapat bersaing dengan ratusan atlet lainnya dari berbagai negara, seperti Thailand, Belgia, Vietnam dan Greece. 
 
Pada ajang itu, Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus, Daffa Fauzan berhasil meraih juara pertama untuk kategori Senior U30 Male Category. Sedangkan mahasiswa Prodi S-1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus, Devandra Ferdinand Darmansyah berhasil meraih juara pertama untuk kategori Senior U30 Beginnier Male Category. Kedua mahasiswa angkatan 2021 itu juga tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Udinus. 
 
“Saya merasa bangga dapat menjadi bagian dari UKM Taekwondo Udinus, ikut serta menyumbangkan prestasinya hingga ke kancah internasional dan membawa nama baik kampus,” ujar Daffa Fauzan, salah satu peraih medali emas.
 
 
Dalam kejuaraan Taekwondo yang dilakukan secara daring, peserta tidak hadir langsung di hadapan dewan juri, melainkan harus mengirim gerakan dalam bentuk video. Dalam penjelasan Daffa, mereka harus membuat gerakan speed kicking dalam bentuk video berdurasi 1 menit. 
 
“Selanjutnya akan masuk ke tahap pengiriman dan akhirnya tim panitia akan memberikan skor penilaian sesuai dengan kategori. Meski pertandingan harus berlangsung secara online, pengalaman seperti ini tetap berharga bagi kami,” tambahnya.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M, ikut bangga dengan capaian mahasiswa FIK Udinus itu. Dukungan dan apresiasi akan terus diberikan oleh pihak kemahasiswaan, salah satunya dengan beasiswa bagi para peraih medali di ajang nasional maupun internasional. 
 
“Harapannya para atlet Udinus bisa terus eksis hingga kancah internasional, beberapa capaian luar biasa juga didapatkan oleh beberapa mahasiswa di ajang internasional salah satunya di SEA Games 2023 beberapa waktu lalu,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)