Berupaya menyiapkan generasi muda sebagai agen perubahan, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) selenggarakan ‘Dialog Interaktif Vol.2’. Kegiatan itu berlangsung pada Senin, 5 Juni 2023 bertempat di Gedung E lantai 3 Udinus Semarang.
 
Dengan mengusung tema ‘Peran Generasi Muda Sebagai Agent of Change dalam Menghadapi Era Society 5.0′, kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber ternama dan ahli di bidangnya masing-masing. 
 
Pembicara pertama dari akademik yakni Sendi Novianto S.Kom, MT selaku dosen sekaligus kepala Career Center Udinus. Pada kesempatan itu ia menyampaikan materi seputar perkembangan masyarakat sampai di era society 5.0 beserta hal-hal yang perlu dipersiapkan. 
 
“Untuk menghadapi era society 5.0 masyarakat harus bisa beradaptasi dan memiliki kompetensi. Kompetensi yang dimaksud bisa mulai dari kemampuan literasi dasar mulai dari literasi numerasi, informasi, maupun sains,” jelasnya.
 
Sementara itu, pembicara kedua dari praktisi yakni Relationship Manager Priority Banking of Bank Mandiri, Dyan Maratani. Dalam materinya ia mengingatkan tentang manfaat belajar berinvestasi bagi generasi muda. 
 
“Investasi sejak dini itu sangat penting, dengan mahasiswa mulai berkeinginan untuk investasi, itu sudah mengambil peran sebagai agent of change. Hal ini dikarenakan adanya pemikiran yang berkembang seiring perkembangan zaman,” ujarnya.
 
Acara inti ketika penyampaian materi dari pembicara yang dilanjutkan dengan sesi diskusi, dipandu oleh Muhammad Ridho sebagai moderator. Sejumlah 150 mahasiswa Udinus mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Hal ini terlihat dari keaktifan para peserta ketika sesi diskusi atau tanya jawab.
 
Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Ketua Pelaksana, Falih Patria Fatahilah berharap generasi dapat lebih adaptif di masyarakat. “Semoga generasi muda khususnya para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan dan isu sosial yang ada di masyarakat,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)