Penguasaan kecakapan berpikir atau Computational Thinking (CT) merupakan suatu teknik penyelesaian masalah yang penting untuk generasi di era ekonomi digital. Untuk menguasai hal itu, Tim Program Pengendalian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar ‘Pelatihan dan Pendampingan CT untuk Guru di Gaussian Kamil School’, pada Selasa (16/05/2023). 
 
Pelatihan diikuti oleh 11 guru TK dan SD dari Gaussian Kamil School dan berlokasi di Aula sekolahan. Materi disampaikan oleh tim PKM Lab MI Udinus Ayu Pertiwi, S.Kom., M.T., terkait konsep Unplugged Programming Activity (UPA), dan Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA). Kegiatan pun berlangsung dengan baik terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. 
 
Dosen Prodi S-1 Teknik Informatika Udinus, Ayu Pertiwi, S.Kom., M.T., menjelaskan bahwa tujuan dari pengelankan CT kepada guru-guru untuk menyalurkannya kepada para murid sedini mungkin. Pelatihan itu merupakan salah satu Program Gerakan Bebras Pandai yang terus digencarkan untuk generasi muda Indonesia. 
 
“Melalui pelatihan ini kami mempersiapkan generasi muda untuk memasuki era Society 5.0 dimana teknologi sudah bukan ujung tombak lagi dalam kehidupan sehari-hari, melainkan manusia lah yang akan menjadi komponen utama,” ujar Ayu. 
 
Dalam pelatihan kali ini penekankan konsep UPA, yaitu dapat melakukan aktivitas programing tanpa perlu menggunakan komputer atau digital. Dengan begitu murid-murid dapat melakukan latihan dengan logika-logika sederhana, contohnya seperti ular tangga atau robot lebah. Melalui pelatihan yang dilakukan sejak dini, dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sederhana. 
 
“Ketika pelatihan itu sudah menjadi kesehariannya maka permasalahan yang semakin kompleks dapat diselesaikan. Dengan menggunakan konsep UPA, latihan dapat dilakukan lebih sering dan bersinggungan langsung dengan kegiatan sehari-hari,” tutupnya. 
 
Latihan tersebut diberikan selama tiga hari pada 16,17 dan 19 Mei 2023. Sebagai informasi, Udinus sudah menjadi bagian dari Program Gerakan Bebras Pandai sejak 2017 lalu. Telah memberikan banyak pelatihan untuk wilayah Kota Semarang. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)