Terus produktif menciptakan karya-karya kreatif, mahasiswa Program Studi (Prodi) Film dan Televisi (FTV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ikuti ‘Festival Film Bulanan’. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, baru-baru ini. 
 
Pada kompetisi tersebut, 2 proposal film dari mahasiswa prodi FTV, berhasil mendapatkan pendanaan dari FlipFlop TV untuk diproduksi. Kedua film karya mahasiswa Prodi S-1 FTV Udinus itu berjudul ‘Family Trip’ dan ‘The Revenge’. Hal ini disampaikan oleh Ivan Valentinus, selaku produser film ‘Family Trip’. 
 
“Sebelumnya, ada film Utopia dari kami yang sudah terpilih dalam festival film bulanan. Terdapat fasilitas yang didapat yakni workshop yang capaiannya di hari terakhir adalah pitching kepada investor. Di sinilah proposal ‘Family Trip’ diajukan dan berhasil didanai,” jelasnya.
 
Ivan menjelaskan bahwa Family Trip menceritakan seorang duda yang berusaha membaur dalam sebuah perjalanan keluarga setelah tidak bertemu selama 10 tahun dengan kedua anaknya. Perjalanan yang dihadirkan akan menggambarkan perkembangan interaksi yang terjadi. Film yang digarap oleh kurang lebih 8 mahasiswa itu termasuk ke dalam kategori road movie.
 
“Genre film seperti ini termasuk jarang diekspor terutama dalam media film pendek. Oleh karena itu, kami ingin mencoba eksplor film jenis ini dan memberikan hiburan yang menyegarkan untuk para penonton,” ungkap Ivan.
 
Sebelumnya, terdapat proses seleksi yang harus diikuti para peserta. Seleksi dilaksanakan secara online pada awal bulan Maret lalu. Kemudian, pengumuman proposal terpilih disampaikan pada 2 Mei 2023. Film-film terbaik akan difasilitasi workshop dan pitching dengan investor OTT Flipflop.
 
Melalui ‘Festival Film Bulanan’, mahasiswa Udinus angkatan 2021 itu dapat meningkatkan kreativitas serta potensi yang ada pada diri, terutama dalam bidang film dan televisi. “Selain itu, semoga semakin banyak karya-karya yang diproduksi dari mahasiswa FTV dan dapat berkesan di masyarakat,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Prodi FTV Udinus)