PROGRAM STUDI

Desain Komunikasi Visual – S1

SAMBUTAN

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

Ir. SITI HADIATI NUGRAINI M.Kom, Ph.D.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang di Website Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Prodi DKV mendapat ijin penyelenggaraan prodi dari DIKTI melalui SK Nomor : 4067/D/T/2006 tanggal 6 November 2006. Prodi DKV Udinus mengalami perkembangan sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan perkembangan yang lebih baik dari tahun ke tahun ke tahun, dan pada tahun 2015 mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 14 November 2015. Pada tahun 2020 kembali mendapatkan Akreditasi A hingga tahun 2025.

Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Iklan Kreatif, Multimedia Kreatif, dan Teknologi Game. Prodi DKV menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat berkembang dan mampu berekspansi dan mengeksplorasi ide-ide kreatif serta ide-ide baru dalam bidang desain komunikasi visual. Kami menyadari dan memastikan bahwa lulusan kami berada di garis depan sehingga kami mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional, memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat, serta menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidangnya. Bidang desain komunikasi visual untuk mahasiswa.

Prodi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah berkarya di berbagai bidang antara lain studio/biro desain, rumah produksi, multimedia, dan sebagai profesional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, dan animator.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D

VISI & MISI

Program Studi Desain Komunkasi Visual – S1

Visi

Menjadi Program Studi pilihan utama dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan teknologi multimedia di Indonesia, yang unggul dan berjiwa entrepreneurship pada tahun 2026

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis seni dan teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu mengembangkan serta mengamalkan ilmunya secara profesional.

2. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan industri kreatif di Indonesia dengan menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, sehingga lulusan yang dihasilkan berjiwa entrepreneurship dan mampu berkompetisi secara global.

3. Menyelenggarakan dan memasyarakatkan hasil-hasil penelitian di bidang desain komunikasi visual dan teknologi multimedia melalui publikasi ilmiah, pameran, dan pengabdian kepada masyarakat.

    AKREDITASI

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    PROFIL LULUSAN

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    Graphic Designer

    Profesional yang merancang elemen-elemen visual, seperti grafis, ilustrasi, dan tata letak (layout), untuk menciptakan komunikasi visual yang menarik dan efektif. Mereka menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau InDesign untuk membuat desain yang digunakan dalam berbagai media, termasuk cetakan, situs web, media sosial, iklan, dan lainnya. Graphic designer juga mempertimbangkan prinsip desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan hierarki visual untuk mencapai pesan yang jelas dan menarik bagi audiens.

    Photographer

    Keterampilan dalam mengambil foto atau gambar menggunakan kamera. Tugas utamanya adalah untuk menciptakan gambar-gambar visual yang menarik, mengkomunikasikan pesan, merekam momen berharga, atau mengabadikan keindahan alam atau subjek lainnya. Photographer dapat bekerja dalam berbagai bidang, termasuk fotografi jurnalistik, pernikahan, potret, alam, fashion, produk, dan masih banyak lagi. Mereka menguasai teknik fotografi, mengerti penggunaan peralatan fotografi, serta memiliki bakat seni dan kreativitas dalam mengatur komposisi, pencahayaan, dan unsur-unsur visual lainnya untuk menciptakan hasil yang memukau. Fotografer juga seringkali menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop untuk meningkatkan atau memodifikasi hasil fotonya.

    j

    Copy Writer

    Profesional yang khususnya terampil dalam menulis teks promosi dan iklan. Tugas utamanya adalah menciptakan konten tulisan yang menarik dan persuasif untuk tujuan pemasaran. Copywriter merancang kata-kata dan pesan-pesan yang dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan layanan. Mereka juga memastikan pesan-pesan tersebut sesuai dengan merek dan target audiens yang dituju. Copywriter bekerja dalam berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan online, materi pemasaran, teks situs web, dan masih banyak lagi. Kemampuan menulis yang kuat, pemahaman tentang psikologi konsumen, dan kreativitas adalah keterampilan yang sangat penting dalam pekerjaan copywriter.

    Illustrator

    Profesional yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar atau ilustrasi untuk berbagai media dan tujuan. Mereka menggunakan berbagai teknik, seperti lukisan tangan, seni digital, atau ilustrasi vektor, untuk menciptakan gambar-gambar yang memperkaya teks atau pesan dengan elemen visual yang menarik. Ilustrasi biasanya digunakan dalam buku anak-anak, majalah, iklan, kartu pos, komik, situs web, dan banyak lagi. Ilustrator memiliki keterampilan artistik dan pemahaman mendalam tentang komposisi, warna, dan narasi visual untuk mengkomunikasikan pesan atau cerita secara efektif melalui gambar.

    Art Director

    Profesional dalam industri kreatif yang bertanggung jawab untuk mengarahkan, merancang, dan mengelola aspek visual dari proyek kreatif. Tugas-tugas seorang Art Director mencakup: Pengembangan Konsep Visual, Pemilihan Gaya dan Desain, Koordinasi Tim Kreatif, Pemantauan Kualitas, Dll

    Creativepreneur

    Wirausaha atau pengusaha yang menggabungkan kreativitas dengan aspek bisnis. Mereka berfokus pada menciptakan, mengembangkan, dan memonetisasi produk atau layanan yang didasarkan pada bakat atau keahlian kreatif mereka. Creativepreneur seringkali beroperasi di industri seni, desain, hiburan, mode, makanan, atau berbagai bidang kreatif lainnya. Mereka menggabungkan visi kreatif dengan strategi bisnis untuk menghasilkan nilai dan keuntungan dari kreasi mereka sendiri, dan seringkali berperan sebagai inovator di pasar yang kompetitif. Dalam era digital saat ini, banyak creativepreneur yang menggunakan platform online dan media sosial untuk memasarkan dan menjual produk atau layanan mereka.

    AKTIVITAS MAHASISWA

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    Kurikulum

    Program Studi Desain Komunikasi Visual – S1

    No Kode Mata Kuliah SKS Semester
    1 A14.27307 TEKNIK PRESENTASI 2 1
    2 N201702 Bahasa Inggris 2 1
    3 A14.27103 GAMBAR TEKNIK 2 1
    4 N2017053 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 2 1
    5 A14.27101 TIPOGRAFI 2 1
    6 N2017054 PENDIDIKAN AGAMA BUDHA 2 1
    7 A14.27106 SKETSA 2 1
    8 N2017055 PENDIDIKAN AGAMA HINDU 2 1
    9 A14.27303 CREATIVE WRITING 2 1
    10 N2017051 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2 1
    11 U201704 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 2 1
    12 N2017052 PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK 2 1
    13 A14.27104 PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 1
    14 A14.27102 NIRMANA 3 1
    15 AF201704 DASAR-DASAR KOMPUTASI 2 1
    16 AF201702 Literasi Informasi 2 2
    17 A14.27206 ESTETIKA 2 2
    18 A14.27201 TIPOGRAFI APLIKATIF 2 2
    19 A14.27205 STRATEGI KOMUNIKASI 2 2
    20 A14.27202 MENGGAMBAR 1 3 2
    21 A14.27204 SEJARAH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 2
    22 A14.27407 TINJAUAN DESAIN 2 2
    23 A14.27203 KOMPUTER GRAFIS 1 2 2
    24 U201701 Dasar Kewirausahaan 2 2
    25 A14.27408 METODE PRODUKSI GRAFIKA 1 2 2
    26 A14.27302 MENGGAMBAR 2 3 3
    27 A14.27504 KRITIK DESAIN 2 3
    28 A14.27505 METODE PRODUKSI GRAFIKA 2 2 3
    29 A14.27301 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 1 6 3
    30 A14.27305 FOTOGRAFI 1 3 3
    31 A14.27306 PSIKOLOGI PERSEPSI 2 3
    32 A14.27605 CREATIVE ENTREPRENEURSHIP 2 3
    33 A14.27304 KOMPUTER GRAFIS 2 2 3
    34 E125908 Pengembangan Produk Berbasis Budaya 3 4
    35 A14.27406 METODOLOGI DESAIN 2 4
    36 A14.27403 SINEMATOGRAFI 2 4
    37 A15.21403 Pengelolaan Konten Digital 3 4
    38 C12.02207 Budaya dalam Bisnis dan Perusahaan Jepang 2 4
    39 B11.6405 Pemasaran Digital 3 4
    40 A14.27405 FOTOGRAFI 2 3 4
    41 A14.27604 MULTIMEDIA 2 4
    42 C11.38601 Subtitling 2 4
    43 A14.27402 DESAIN WEB 2 4
    44 A14.27602 PEMODELAN 3D 2 4
    45 A14.27401 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2 6 4
    46 A14.27404 ILUSTRASI 2 4
    47 A14.27712 PROYEK ANIMASI 3D 4 5
    48 A14.27614 INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER 2 5
    49 A14.27503 AUDIO VISUAL 4 5
    50 A14.27710 KAJIAN BUDAYA 2 5
    51 A14.27716 DESAIN PRODUK 2 5
    52 A14.27607 MEDIA INTERAKTIF 2 5
    53 A14.27611 MANAJEMEN SKENARIO ANIMASI 2 5
    54 A14.27708 VISUAL MERCHANDISING 4 5
    55 A14.27613 DASAR PEMROGRAMAN GAME 2 5
    56 A14.27507 TEORI PERIKLANAN 2 5
    57 N201706 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 5
    58 A14.27709 DESAIN ORNAMEN 2 5
    59 A14.27501 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 3 6 5
    60 A14.27606 DASAR PEMROGRAMAN MULTIMEDIA 2 5
    61 A14.27715 PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN 2 5
    62 A14.27502 VISUAL STORYTELLING 2 5
    63 A14.27612 TEORI ANIMASI 2 5
    64 N201701 Bahasa Indonesia 2 6
    65 A14.27707 PROYEK INTERAKTIF 4 6
    66 A14.27601 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 4 6 6
    67 A14.27706 NEW MEDIA 2 6
    68 A14.27615 FOTOGRAFI DESAIN 3 6
    69 A14.27616 PUBLISHING 2 6
    70 A14.27608 KOMUNIKASI VISUAL PERIKLANAN 4 6
    71 A14.27711 PROYEK ANIMASI 2D 4 6
    72 A14.27603 ANIMASI 2D 4 6
    73 A14.27714 PEMROGRAMAN GAME 4 6
    74 A14.27610 KOMUNIKASI GRAFIS 4 6
    75 A14.27713 GAME DESIGN DEVELOPMENT 2 6
    76 A14.27609 BAHASA VISUAL 2 6
    77 N201707 PENDIDIKAN PANCASILA 2 6
    78 A14.27703 MANAJEMEN DESAIN 2 7
    79 A14.27704 BIMBINGAN KARIER 2 7
    80 A14.27701 KOLOKIUM 4 7
    81 A14.27719 MANAJEMEN DESAIN INDUSTRI 2 7
    82 A14.27720 ETIKA PROFESI INDUSTRI 2 7
    83 A14.27702 KERJA PRAKTEK 2 7
    84 A14.27718 PORTOFOLIO INDUSTRI 4 7
    85 A14.27717 KULIAH KERJA INDUSTRI 4 7
    86 A14.27705 ETIKA PROFESI 2 7
    87 A14.27801 TUGAS AKHIR 8 8