IKUTI PROGRAM MBKM, OCTA MAHASISWI ILKOM UDINUS DAPATKAN RELASI BARU DARI BERBAGAI NEGARA


IKUTI PROGRAM MBKM, OCTA MAHASISWI ILKOM UDINUS DAPATKAN RELASI BARU DARI BERBAGAI NEGARA

Demi mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia industri, Kemendikbud Ristek baru saja meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Octaliongni Sun Hatami selaku mahasiswi Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang turut berpartisipasi pun berkesempatan mengikuti Kuliah Program Internasional (KPI).

 

Selama mengikuti kegiatan KPI, gadis yang akrab disapa Octa ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti magang di Botree Communications, India. Program magang yang berkonsep virtual ini diikutinya selama satu bulan pada bulan Juni 2021. Beberapa pembelajaran ia dapatkan selama mengikuti program tersebut, seperti analisis brand Indonesia dan internasional, hingga copy writing.

“Selama magang saya ditempatkan di branding & advertising, banyak sekali tugas yang relate dengan ilkom yang dapat saya terapkan. Meski hanya dilakukan secara virtual, ini merupakan kesempatan luar biasa bagi saya dapat mempelajari budaya baru,” ungkap gadis pemilik akun instagram @octaliongni18 tersebut.

 

Untuk dapat mengikuti program MBKM tersebut, mahasiswi kelahiran 18 Oktober 2000 ini harus melengkapi beberapa persyaratan. Seperti memiliki toefl dengan minimal skor 400, lalu mengisi berkas dan juga melakukan kerjasama Rotary. “Selain itu juga diberikan pembekalan untuk mempersiapkan diri wawancara langsung dengan pihak tempat magang,” tambah Octa.

 

Pada program yang sama, mahasiswi yang dikenal sebagai talent tiktok Udinus ini juga sempat mengikuti virtual exchange yang diikuti oleh mahasiswa seluruh ASEAN. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 minggu tersebut, ia merasa senang dapat mendapatkan relasi baru dari Malaysia, Vietnam, Filipina, dan juga India.

“Saya selalu tertarik dengan kegiatan yang dapat menambah relasi baru, mampu mendapatkan teman baru dengan bahasa dan budaya berbeda itu menurut saya hal yang seru,” tutur mahasiswa angkatan 2018 tersebut.

 

Mahasiswi yang aktif sebagai Sekretaris Umum di Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Komputer periode 2020/2021 ini, mengaku banyak sekali ilmu yang ia dapatkan selama berkuliah di Udinus. Seperti public speaking, leadership, event organizing hingga entrepreneur untuk menjalankan suatu usaha. Ilmu tersebut dapat ia terapkan ketika menjadi MC dalam kegiatan organisasi serta event komunitas.

“Awalnya sifat pemalu saya menjadi salah satu kendala ketika berkomunikasi, namun banyaknya dorongan dari dosen dan lingkup kampus membuat saya lebih percaya diri dan tidak takut untuk aktif,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)