SEBAGAI DUTA KOSMETIK AMAN, MAHASISWA ILKOM UDINUS RICHIE INGATKAN BAHAYA KOSMETIK ILEGAL


SEBAGAI DUTA KOSMETIK AMAN, MAHASISWA ILKOM UDINUS RICHIE INGATKAN BAHAYA KOSMETIK ILEGAL

Mahasiswi Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Udinus berhasil raih Juara 3 duta Kosmetik Aman Jawa Tengah. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan (POM) Semarang tersebut dimenangkan oleh Rachel Patricia Bledoeg, belum lama ini.
 
Gadis yang akrab disapa Richie itu memang sangat terbuka untuk mencoba hal baru. Pasalnya kompetisi tingkat provinsi tersebut menjadi ajang pemilihan duta yang pertama baginya. Dengan dukungan dari dosen ia sudah memberikan yang terbaik dan berhasil keluar sebagai Juara 3. Usai masuk di grand final, Richie bersaing dengan kurang lebih 32 peserta.
 
“Ini Masih yang pertama kalinya, persiapan yang saya lakukan salah satunya mempelajari seputar BPOM kosmetik. Saat di grand final setiap peserta diberi waktu lima menit untuk menyampaikan pidatonya,” imbuh Gadis yang aktif sebagai self-employed digital creator itu.. 
 
Dalam pidatonya, mahasiswi kelahiran Salatiga, 14 Oktober 2000 itu membahas tentang generasi muda saat ini yang tidak asing lagi dengan kosmetik. Bagi Richie makeup memiliki peran penting untuk kegiatan sehari-hari, baik itu pria maupun wanita. Maka perlu adanya awareness terhadap bahaya kosmetik seperti pewarna dan zat kimia yang mungkin berbahaya.
 
“Sebagai duta, saya akan berperan menjadi agen perubahan yang menyebarkan kesadaran akan hal tersebut. Karena masih banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan produksi kosmetik ilegal,” ujar Gadis yang hobi memainkan piano itu..
 
Setelah berhasil menjadi salah satu Duta Kosmetik Aman Jateng, Richie akan lanjut untuk berkompetisi di tingkat nasional, mewakili regional Jateng. Meski sempat tidak mengira mendapatkan juara, ia akan berusaha memberikan yang lebih maksimal untuk ajang nasional nanti. 
 
“Setelah banyak belajar dari kompetisi tingkat provinsi, saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk tingkat nasional dan semoga bisa kembali mengharumkan nama Udinus hingga kancah nasional,” harapnya..
 
Sebagai mahasiswa yang cekatan, Richie aktif di beberapa organisasi yaitu sebagai Kepala Divisi Public Relations di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FIK) Udinus periode 2021-2022, serta sebagai Vice President di Rotaract Yudhistira periode 2021-2022.
 
Berbagai prestasi juga ditorehkan oleh mahasiswi yang angkatan 2021 tersebut, yakni sebagai Econovation 2021 Winner dan Spark Deakin’s Melbourne-Bandung Innovation Series 2021.
 
Passionnya di bidang ilmu komunikasi muncul dengan adanya dukungan dari kerabat dan dosen Udinus. Richie pun merasa passionnya semakin terasah dengan dukungan dari para dosen yang mendorongnya untuk mencapai prestasi lebih. Minatnya terhadap digital marketing juga didapatkan di Prodi Ilkom Udinus dalam matkul Pengelolaan Konten Digital (PKD).  
 
“Beberapa keunggulan di perguruan tinggi dengan akreditasi A ini salah satunya banyak dosen dengan sifat yang sangat momong, mendukung dan memahami passion yang dimiliki mahasiswanya,” tutup pemilik akun instagram @soyrachie itu. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Elang)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)