MINATI BIDANG ROBOTIKA, SOFIATI MAMPU HASILKAN KARYA MONITORING KUALITAS AIR


MINATI BIDANG ROBOTIKA, SOFIATI MAMPU HASILKAN KARYA MONITORING KUALITAS AIR

Miliki minat dibidang robotika, Sofiati Sholekah ciptakan alat sistem monitoring kualitas air tambah garam dengan berbasis Internet of Things. Karya dari mahasiswi Prodi Teknik Elektro Udinus kini telah dimanfaatkan oleh produsen garam di Kota Pati, Jawa Tengah.
 
Gadis kreatif yang akrab disapa Sofiati itu menjelaskan alat ciptaanya berfungsi untuk monitoring kualitas air tambak garam melalui IOT. 3 sub-sistem yaitu sub-sistem panel surya sebagai sumber daya listrik, sub-sistem digitalisasi alat ukur baumemeter sebagai alat pengukur skala baume. 
 
“Lalu ada sub-sistem aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat hasil monitoring melalui notifikasi pada smartphone. Sehingga kualitas air dapat dimonitoring secara real-time tanpa perlu terjun ke lokasi,” ujarnya.
 
Dalam pembuatan alat tersebut, mahasiswi angkatan 2018 itu sekaligus menyelesaikan tugas akhirnya secara berkelompok, atau yang disebut dengan ‘Capstone Design’. Ia menjelaskan melalui cara tersebut, mampu memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. 
 
“Selama mengerjakan tugas akhir, saya bisa bertukar pikiran dengan rekan satu tim. Setiap anggota dapat fokus untuk mengerjakan sesuai dengan keahlian masing-masing,” imbuhnya.
 
Sofita mengaku, berkuliah di Prodi S-1 Teknik Elektro Udinus sangat menyenangkan dan ia mampu mengembangkan kreativitasnya. Kreativitas itu juga membuahkan hasil karya yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain, contohnya sistem monitoring kualitas air. Menurutnya, dapat membantu sesama dengan karya yang diciptakan itu menjadi kebanggaan tersendiri.
 
“Dukungan dari dosen di tempat saya berkuliah sangat positif dalam mengembangkan potensi diri saya. Untuk pelajaran favorit saya mengenai energi yang terbarukan, bisa mempelajari pembuatan panel surya untuk terobosan energi baru.
 
Mahasiswi yang sempat aktif sebagai bendahara di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) itu juga mendapatkan banyak ilmu lewat organisasi mahasiswa. Seperti public speaking, manajemen waktu, dan melatih jiwa kepemimpinan. 
 
“Disana saya juga bisa belajar soal keuangan jadi tidak hanya ilmu hardskill di dalam kelas saja yang saya dapatkan selama di Udinus, melainkan ilmu softskill juga di dalam organisasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved