SAHMA, MAHASISWI ILKOM UDINUS YANG UBAH HOBI JADI PENGHASILAN


 SAHMA, MAHASISWI ILKOM UDINUS YANG UBAH HOBI JADI PENGHASILAN

Memiliki hobi yang juga menghasilkan itu menjadi harapan semua orang, khususnya mereka yang masih menempuh pendidikan. Begitulah yang sekarang dilakukan  Sahmafella Rizkiana (19), musisi sekaligus mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang hobi bernyanyi.

 

Hobi menyanyinya berawal dari lomba penyanyi yang diikuti ketika masih kelas 2 SD. Lagu pertama yang ia nyanyikan adalah 'Bunda' karya Melly Goeslaw. "Berawal dari SD kelas 2 diikutkan Mama lomba menyanyi, dan saya meraih juara satu. Nah dari situlah saya ikut lomba terus sampai SD kelas 6," ujar Sahma, begitu dia akrab disapa.

 

Sahma sempat berhenti mengikuti lomba ketika masuk ke SMP. Namun di SMP ia punya band sendiri dan pernah mengisi acara di sekolahnya. Beranjak ke SMA justru tidak pernah mengikuti lomba ataupun acara di sekolah. Sahma hanya iseng membuat video cover lagu yang diunggah di media sosialnya @sahmafellariz.

 

Keisengan itulah yang membawa keberuntungan bagi Sahma, karena cover miliknya mendapat view yang cukup banyak hingga dilirik band lokal. "Waktu SMA sering iseng nyanyi dan bikin video cover lagu, terus saya upload di instagram. Nah, dari situ ada salah satu cover yang viewer nya tinggi dan ditawari band lokal buat ikut manggung. Awalan nyanyi emang belum ada honornya, tapi selanjutnya dapet lima puluh ribu dan itu uang pertama saya dari hasil menyanyi," ujar Sahma.

 

Sahma yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus tersebut merasa senang bisa menghibur orang lewat nyanyiannya. Selain itu dari yang awalnya cuman hobi sekarang bisa menghasilkan uang. “Walaupun capek tapi puas bisa menghibur penonton, saya selalu dapet energi dari penonton yang ikut nyanyi bareng. Hobi yang dibayar itu menurut saya menyenangkan,” ungkap Sahma.

 

Sementara itu, Sahma juga memberikan sedikit tips soal menjadi musisi terutama pada bagian penyanyi. “Yang pasti latihan terus, sering-sering nonton live musik untuk referensi, berani tampil di depan umum. Upload karya di media sosial juga bisa jadi sarana kita berekspresi, jadi orang lain juga tahu kalau itu pashion kita,” terang Sahma. (*Humas Udinus/Haris. Foto : Dok. Humas)

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)