RINTIS USAHA SUSU SEDUNIA, PRITA FEBRIANA: USAHA BUTUH INOVASI


RINTIS USAHA SUSU SEDUNIA, PRITA FEBRIANA: USAHA BUTUH INOVASI

Merintis usaha bisa menjadi peluang pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Hal itulah yang juga dilakukan oleh Prita Febriana Hapsari, pemilik dari bisnis ‘Susu Sedunia’.

 

Wanita asal Semarang ini memulai usahanya dengan berbekal kegemarannya dalam memasak. Alumni S-1 Sastra Inggris Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini bahkan sudah membuka franchise dan memiliki 20 outlet di Semarang yang menjadikannya memiliki total 53 outlet di  daerah Jawa. Prita yang juga berprofesi sebagai Relationship Manager Bank BRI pun tak menyangka jika bisnisnya dapat melebarkan sayap ke dunia franchise. “Alhamdulillah banyak yang menyukai produk ini. Bahkan banyak yang ketagihan hingga setiap hari beli, sampai ada yang nyeletuk ‘nggak mau buka franchise nih?’ gitu katanya,” ungkapnya.

 

Pertanyaan tersebut yang akhirnya mengusik Prita dan tim menjadi tertantang. Menurutnya, dalam berbisnis waralaba tentunya tidak main-main dan banyak yang harus dipersiapkan. “Bayangkan betapa rumitnya dari mencari SDM, peternak sapi di setiap kota, suplier buah, suplier bubuk dan vendor booth dan tentunya cup dengan packanging yang menarik serta hal kecil lainnya. Belum lagi urusan distribusinya,” ceritanya.

 

Namun akhirnya, setelah melakukan riset pasar hampir setahun, step-step tersebutlah yang kini sukses Prita raih bersama ‘Susu Sedunia’. Dalam merintis usaha, strategi yang ia lakukan untuk memasarkan produknya yaitu dengan melakukan promosi. Prita mengungkapkan untuk tidak takut ‘membakar uang' demi membentuk brand awareness ke konsumen, hingga goals-nya masyarakat berpikir ‘kalau minum susu ya Susu Sedunia’.

 

Strategi selanjutnya yang dilakukan adalah inovasi. Inovasi di era digital sangat penting, apalagi jika sasarannya anak muda. Media sosial yang menjadi konsumsi wajib masyarakat saat ini adalah target pemasaran di dunia digital. Melalui laman Instagram @susu_sedunia, ia membuat feeds yang rapih dan selalu aktif untuk menarik minat konsumen.

 

Alumni jurusan Sastra Inggris ini pun mengungkapkan jika semasa kuliah, tidak hanya mata kuliah pokok saja yang didapatkan, tetapi juga mata kuliah entrepreneurship, public speaking dan public relations. Selain itu, mata kuliah tourism sangat membantunya dalam berkarir di dunia kerja baik ketika menjadi karyawan maupun wirausaha.

 

Ia berpesan kepada para generasi muda untuk giat belajar dan berani menjadi pembuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. “Jangan hanya jadi orang sukses tapi jadilah yang bermanfaat untuk banyak orang,” pesan Prita. (Humas/Almira. Foto: Dok. Pribadi)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)