TAK TAKUT BEDA JURUSAN, ADEL: "EAGER TO LEARN, TUNJUKKAN PERFORMA TERBAIKMU"


TAK TAKUT BEDA JURUSAN, ADEL:

Memiliki pekerjaan yang telah diimpikan adalah sebuah pencapaian terbaik bagi seseorang yang telah lulus dalam menempuh pendidikan. Banyak hal yang perlu disiapkan ketika seseorang memasuki kerja, mendalami dan mempelajari hal-hal baru menjadi suatu tantangan bagi setiap individu. Hal inilah yang dialami oleh alumni Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Adelia Dini Menawarti yang kini menjabat sebagai Relation Manager di bank Mandiri area Tangerang Bintaro, Region Jakarta.

 

Meski beda jurusan antara pekerjaan dengan jurusan saat berkuliah, Adel sapaan akrabnya mengaku tidak memiliki kendala saat menjalankan pekerjaannya. Justru baginya hal tersebut adalah tantangan yang harus diselesaikan dengan sebaik mungkin, sehingga ia dapat menerima tantangan baru dalam pekerjaannya. Selain itu, mempelajari hal-hal baru menjadi kebiasaan baginya saat masih menempuh pendidikan di perkuliahan.

"Setelah lulus saya langsung mencari pekerjaan, dulu saya sangat ingin masuk di perusahaan BUMN sehingga saya mencari tahu kriteria apa yang dapat saya penuhi agar diterima di perusahaan yang saya tuju. Dari hal itu, saya yakin dengan eager to learn, dengan hal-hal baru yang saya pelajari dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan saya, selain itu saya juga selalu berusaha memberikan hasil terbaik saya pada setiap hal yang saya kerjakan," ungkap Adel.

 

Dara kelahiran Semarang, 24 Mei 1993 silam itu sempat berpikir bahwa ia telah salah memilih pekerjaan, sebab sangat berbanding jauh dengan apa yang ia pelajari. Namun, ia terus mempelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam bekerja. Selama berkuliah ia mengatakan terdapat mata kuliah yang membantu dia dalam bekerja, yakni Ilmu Analytical yang memberikan arahan baginya untuk meningkatkan softskill. Dari soft skill yang didapatkan dari mata kuliah tersebut, menjadi bekal baginya untuk meneruskan pekerjaannya.

 

Selama duduk di bangku kuliah, ia merasa banyak hal yang ia dapatkan untuk meningkatkan passion yang ia miliki, salah satunya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Adel mengungkapkan banyak mendapat pengetahuan baru saat ia berada di UKM Wartadinus.

"Dulu saya sempat mendapat amanah untuk menjabat sebagai Pemimpin Utama (PU). Saya hanya bermodalkan hobi menulis untuk ikut UKM Wartadinus, namun ternyata banyak hal yang saya pelajari dari sana. Seperti kepemimpinan, bertemu orang-orang baru, menulis, hingga mengasah soft skill yang kini sangat bermanfaat di dunia kerja," jelasnya.

 

Menurutnya, memasuki dunia kerja adalah sebuah langkah awal sehingga individu harus kembali belajar untuk bertahan dan memberikan performa terbaik. Meski pekerjaan yang digeluti berbeda dengan jurusan saat kuliah, bagi Adel hal tersebut tidak menutup kemungkinan passion yang dimiliki berbeda dengan jurusan saat berkuliah. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk memperbanyak pengalaman, asah softskill dan perbanyak relasi serta ikuti UKM yang mampu meningkatkan passion.

 

Ia berpesan bagi mahasiswa yang ingin bekerja di luar jurusan mereka, tidak perlu ragu untuk terjun ke dunia baru. Sebab banyak hal di luar kendali, teruslah belajar dan tingkatkan apa yang telah dimiliki. "Lakukan yang terbaik, jangan takut karena itu mungkin menjadi suatu hal yang terbaik bagi dirimu. Berikan hasil terbaik dalam semua hal yang dikerjakan, karena hasil dirimu yang menentukan," tutupnya. (*Humas/Nuvia. Foto : Dok. Pribadi)z


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)